Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Wujudkan Destinasi Ideal, Disparbud Jabar Beri Pembekalan

8
×

Wujudkan Destinasi Ideal, Disparbud Jabar Beri Pembekalan

Share this article
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mengoptimalisasi potensi wisata di 27 kabupaten/kota.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus berupaya untuk mewujudkan destinasi wisata yang ideal. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mengoptimalkan potensi wisata di 27 kabupaten/kota.

Dalam rangka menyamakan visi tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi bersama Pokdarwis kabupaten/kota.

Example 300x600

Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Sunshine Resort and Convention, Kabupaten Bandung, pada Rabu-Kamis (19-20/6/2024).

“Kami mengajak para Pokdarwis di Jawa Barat untuk menciptakan destinasi wisata yang benar-benar memenuhi harapan atau ekspektasi para wisatawan. Mari kita berkolaborasi melahirkan ide-ide kreatif dan inovasi. Ini sangat penting dalam menciptakan destinasi wisata yang ideal,” ujar Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar.

“Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, baik infrastruktur maupun suprastruktur. Kami dari pemerintah siap membantu, namun jangan selalu menunggu baru beraksi. Teman-teman Pokdarwis juga harus proaktif dalam melakukan pembinaan masyarakat di destinasi wisata daerah masing-masing. Jangan lupa perhatikan kearifan lokal, karena itu menjadi daya tarik yang luar biasa,” tambahnya.

Untuk menambah wawasan, rakor ini juga diisi dengan penyampaian materi dari Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Jabar, Ani Widiani. Materi yang disampaikan antara lain Kebijakan dan Program Pengembangan Destinasi Pariwisata Jawa Barat, Sosialisasi Peraturan Perundangan Desa Wisata Jawa Barat, serta Sosialisasi Program Mang Kasep (Mari Ngariung Kelola Sampah).

Dalam kesempatan ini, perwakilan Pokdarwis dari 27 kabupaten/kota saling bertukar gagasan terkait potensi di daerah masing-masing. Diharapkan kegiatan tersebut dapat memperkuat komitmen seluruh pihak terhadap pengembangan pariwisata di Jawa Barat.

“Saya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap pengembangan pariwisata di Jawa Barat. Kita harus membangun komitmen, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan juga masyarakat,” pungkas Benny.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *