Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Warga Apresiasi Penerapan Friday Car Free di Balai Kota: Lingkungan Lebih Asri

10
×

Warga Apresiasi Penerapan Friday Car Free di Balai Kota: Lingkungan Lebih Asri

Share this article
Car Free Day (CFD) di Jalan Ir. H. Juanda dan Buahbatu, Minggu 3 Maret 2024.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penerapan Hari Bebas Kendaraan setiap Jumat di Balai Kota Bandung mendapatkan apresiasi dari warga. Banyak warga terlihat menikmati olahraga seperti jogging, senam, dan bersepeda di area Balai Kota Bandung.

Dani, salah satu warga, mengapresiasi inisiatif Pemkot Bandung dalam menerapkan Friday Car Free. Menurutnya, lingkungan Balai Kota menjadi lebih asri dan nyaman, terutama bagi mereka yang ingin berolahraga.

Example 300x600

“Saya sangat mendukung adanya Friday Car Free ini. Balai Kota terbuka untuk umum, jadi sangat cocok untuk berolahraga. Suasananya juga sangat asri,” ujar Dani saat berolahraga di Balai Kota pada Jumat, 31 Mei 2024.

Ia berharap program Friday Car Free ini dapat terus dilaksanakan oleh Pemkot Bandung dan diterapkan di lingkungan perkantoran lainnya.

“Harapannya, masyarakat Kota Bandung bisa lebih mengenal Balai Kota dan memanfaatkan kawasannya untuk berolahraga,” katanya.

Dikutip dari infobandungkota.com, Sejalan dengan Dani, warga lain bernama Iwan juga mendukung penerapan Friday Car Free di Balai Kota Bandung. Bersama puluhan rekannya dari Komunitas Sepeda Dispora, ia sengaja datang ke Balai Kota untuk menikmati suasana asri sambil bersepeda.

“Saya sangat mendukung karena ini merupakan harapan warga. Balai Kota bisa dinikmati untuk olahraga dengan nyaman,” ujarnya.

Ia menyebut banyak manfaat yang dirasakan dari Friday Car Free, mulai dari pengurangan polusi kendaraan hingga membuat suasana semakin sejuk.

“Biasanya banyak kendaraan. Sekarang lebih nyaman. Bisa ditanyakan kepada anggota lainnya. Tiga minggu terakhir suasananya lebih asri dan nyaman,” ungkapnya.

“Semoga ini bisa diterapkan di perkantoran lain juga karena sangat positif bagi kita dan mengurangi polusi di Kota Bandung,” imbuhnya.

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, mengatakan penerapan Friday Car Free di Balai Kota Bandung telah berjalan selama tiga pekan dan berlangsung lancar serta kondusif.

Ia menyebut para pegawai yang berkantor di Balai Kota menggunakan kendaraan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Pemkot Bandung juga menyediakan kendaraan shuttle di beberapa lokasi untuk pegawai.

Hikmat berjanji akan terus mengevaluasi penerapan Friday Car Free ini agar semakin baik.

“Saya kira ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami. Setiap pekan, kendala atau kekurangan akan kami perbaiki,” ujarnya.

“Kita sering mengingatkan mekanismenya kepada para pegawai agar mereka bisa memahami dan menaati ini semua,” imbuhnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah kawasan Balai Kota Bandung bebas kendaraan dapat dinikmati oleh pegawai dan masyarakat.

“Masyarakat bisa menikmati oksigen yang baik, berolahraga, dan mengurangi polusi. Tentunya bagi yang melanggar, nanti kita evaluasi,” kata Hikmat.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *