Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Urgensi Peremajaan Infrastuktur PDAM Purwakarta

9
×

Urgensi Peremajaan Infrastuktur PDAM Purwakarta

Share this article
Fasilitas milik PDAM Purwakarta. ( foto: istimewa)
Example 468x60

KabarSunda.com — Kegentingan untuk melakukan peremajaan infrastruktur PDAM Purwakarta sangatlah mendesak, sebagaimana diilustrasikan sebagai kondisi pipa-pipa distribusi air yang mirip dengan mobil jadul yang sudah renta dan sering mengalami masalah. Pemiliknya selalu merasa pusing dengan keluhan yang tak kunjung reda.

Pipa-pipa jaringan distribusi air di Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu, milik Pemda Purwakarta, rata-rata sudah berusia di atas 35 tahun, melebihi batas maksimal pemakaian yang ideal hanya 25 tahun. Maha Dewi, Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Teknis Perumda, menyoroti beberapa infrastruktur krusial yang memerlukan peremajaan mendesak.

Example 300x600

“Contohnya, SPAM Ubrug Jatiluhur yang dibangun tahun 1984 dan pipa distribusinya yang masih menggunakan pipa ACP yang usianya sudah sangat usang. Begitu juga dengan SPAM Cilembangsari Bojong, yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, perlu diremajakan dengan segera,” ungkap Maha Dewi kepada media belum lama ini.

Meskipun demikian, ada juga infrastruktur seperti SPAM Sadang yang relatif baru dibangun tahun 2018, namun tetap harus melayani 18.000 pelanggan di perkotaan.

“Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, peremajaan infrastruktur menjadi keharusan yang tidak bisa ditunda. Selain dukungan pemerintah daerah, partisipasi aktif masyarakat atau pelanggan dalam membayar tagihan air tepat waktu juga sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Maha Dewi juga menyoroti rapat evaluasi kinerja Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu dengan Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan dan Pelaksana Harian Sekda Purwakarta Agung Darwis, yang membahas berbagai aspek termasuk sumber daya manusia dan tarif dasar air minum.

“Dalam rapat tersebut, Pj. Bupati berharap PDAM terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memperkuat sinergi antara Pemerintah Daerah, PDAM, dan sektor swasta untuk kesejahteraan masyarakat Purwakarta,” papar Maha Dewi.

Sementara itu, Ketua Forum Pelanggan Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu, Sakip Mahmud, menyambut baik kehadiran wadah paguyuban pelanggan yang diharapkan dapat menjadi jembatan efektif antara pelanggan dengan PDAM Purwakarta.

“Forum ini diharapkan dapat menampung keluhan-keluhan pelanggan dan berkontribusi dalam peningkatan pelayanan air minum di Kabupaten Purwakarta ke depannya,” ujar Sakip Mahmud dengan harapan besar akan peran positif forum ini dalam mendorong perbaikan yang lebih baik.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *