Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Upaya Turunkan Stunting, Calon Pengantin Bakal Diedukasi

16
×

Upaya Turunkan Stunting, Calon Pengantin Bakal Diedukasi

Share this article
Untuk mencegah stunting sejak dini, Pemerintah Kota Bandung akan memberikan edukasi calon pengantin pada bulan Juni ini.
Example 468x60

KabarSunda.com — Dalam upaya menanggulangi stunting sejak dini, Pemerintah Kota Bandung telah merencanakan program intervensi yang menargetkan para calon pengantin pada bulan Juni mendatang. Tujuan dari program ini adalah agar para calon suami istri memiliki pemahaman yang mendalam mengenai stunting dan mampu melakukan langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Sebagai bagian dari upaya ini, Kantor Kementerian Agama juga akan memberikan pendampingan kepada para calon pengantin dalam mempersiapkan diri untuk kehidupan keluarga yang sehat dan sejahtera. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan bekal yang memadai bagi pasangan calon pengantin, sehingga penting dilakukan pendampingan dan pemeriksaan terhadap mereka.

Example 300x600

Dalam acara Rapat Penuruan Stunting Tingkat Kota Bandung tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Atlantic pada tanggal 3 Juni 2024, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menegaskan pentingnya program ini. “Kami akan memulai program ini pada bulan Juni dengan fokus pada pendekatan pencegahan stunting baru tanpa mengurangi upaya intervensi yang sudah dilakukan pada anak-anak yang sudah mengalami stunting. Kami akan mengarahkan berbagai kebijakan intervensi pada hal-hal yang memiliki potensi besar untuk mempercepat penurunan kasus stunting di Kota Bandung,” ucapnya.

Ginanjar juga menjelaskan bahwa program ini akan melibatkan semua pihak yang terlibat sebagai bagian dari upaya kolaborasi dalam percepatan penurunan stunting. Dia berharap bahwa melalui kegiatan ini, akan mendorong terjalinnya komitmen yang kuat dan kerja sama yang sinergis dalam usaha percepatan penurunan kasus stunting di Kota Bandung.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, mengungkapkan bahwa bulan Juni 2024 akan difokuskan pada intervensi serentak pencegahan stunting untuk calon pengantin, ibu hamil, dan balita. Pendataan, pengukuran, dan penimbangan akan dilakukan secara intensif sebagai bagian dari upaya edukasi bagi para calon pengantin, ibu hamil, dan balita.

Program ini bertujuan untuk mendeteksi dini potensi kasus stunting serta memberikan edukasi yang diperlukan kepada semua pihak yang terlibat. “Melalui deteksi dini dan edukasi yang kami berikan, diharapkan dapat mencegah terjadinya stunting dan meningkatkan pemahaman mengenai gizi yang sehat. Selain itu, kami juga akan meningkatkan kunjungan sasaran ke Posyandu sebagai bagian dari upaya pencegahan stunting,” jelas Kaniasari.

Sebagai langkah tindak lanjut dalam upaya percepatan penurunan stunting, Kenny menekankan perlunya dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan program tersebut. Selain itu, dia juga menyebutkan pentingnya pemantauan yang akan dilakukan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mulai dari tingkat kecamatan hingga kelurahan.

“Tingkat keberhasilan program ini juga akan ditentukan oleh dukungan dari OPD terkait serta keberhasilan pemantauan dari TPPS di berbagai tingkatan. Kami akan mengawasi setiap tahapan intervensi dan memberikan dukungan kepada keluarga yang menjadi sasaran program ini, yang jumlahnya mencapai sekitar 5.000 orang,” paparnya.

Kenny menegaskan pentingnya kehadiran ibu hamil dan balita untuk mengikuti jadwal kunjungan ke Posyandu sesuai dengan yang telah ditentukan. Hal ini tidak hanya sebagai kewajiban tetapi juga sebagai bentuk edukasi dan pemberian asupan gizi yang dibutuhkan dalam upaya pencegahan stunting.

Diharapkan dengan adanya program intervensi ini, Kota Bandung dapat mencapai target penurunan angka prevalensi stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dan mendukung program ini guna menciptakan generasi masa depan yang sehat dan berkualitas.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *