Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Sekda Jabar Herman Suryatman dan Kepala Dispusipda Jabar Kim Agung Luncurkan Platform ASIIK di Gasibu

8
×

Sekda Jabar Herman Suryatman dan Kepala Dispusipda Jabar Kim Agung Luncurkan Platform ASIIK di Gasibu

Share this article
Sekda Herman Suryatman Luncurkan Platform ASIIK Perpustakaan Digital.
Example 468x60

KabarSunda.com — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar, Kim Agung, resmi meluncurkan platform ASIIK, Anjungan Literasi Elektronik, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

ASIIK merupakan perpustakaan digital yang memungkinkan masyarakat mengakses E-Book melalui “scan QR Code” yang tersedia di kawasan Gasibu Bandung, khususnya di sisi timur lapangan. Dengan inovasi ini, warga yang berada di sana dapat memperluas wawasan dan meningkatkan literasi mereka.

Example 300x600

“Baru saja saya meluncurkan ASIIK, Anjungan Literasi Elektronik, sebuah platform sederhana yang mulai kita luncurkan di Gasibu. Silahkan diakses,” ujar Herman.

Herman menekankan bahwa meski sederhana, ASIIK memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pengunjung Gasibu. Literasi, menurutnya, adalah kunci kemajuan peradaban dan kesejahteraan masyarakat.

“Platform ini simpel, tapi di dalamnya banyak makna. Kita bisa meningkatkan literasi agar meningkatkan kualitas hidup,” jelas Herman. “Kita semua ingin sejahtera dan untuk sejahtera kita harus bagus literasinya. Untuk meningkatkan literasi silahkan akses ASIIK,” tambahnya.

Kepala Dispusipda Jabar, Kim Agung, juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan minat baca masyarakat. Dia menyatakan bahwa peluncuran ASIIK di Gasibu ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi peningkatan literasi warga Jabar.

Selain di Gasibu Bandung, spot ASIIK juga tersedia di ruang publik lainnya seperti GOR Saparua dan lingkungan Kantor Dispusipda Jabar. Di luar Kota Bandung, Anjungan Literasi Elektronik ini dapat diakses di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua, dan Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

“Mari tingkatkan kegemaran membaca melalui akses ASIIK dan jadikan Jawa Barat sebagai masyarakat yang literate,” ujar Kim Agung.

Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Aksaramaya, Sulasmo Sudharno, yang turut hadir dalam peluncuran ini, mengajak warga Jawa Barat untuk memanfaatkan ASIIK yang telah disediakan oleh Pemda Provinsi Jabar.

“Datang ke Gasibu, teman-teman bisa menikmati banyak konten dan buku untuk dapat meningkatkan literasi dan ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dengan membaca,” kata Sulasmo.

Platform ASIIK yang dikembangkan Aksaramaya bersama Dispusipda Jabar ini adalah perangkat untuk membaca buku digital dengan mekanisme “scan QR code”. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan “reader” dan “dashboard monitoring” untuk memantau utilisasi.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *