Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Sapi Kota Bandung Terpilih Menjadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

9
×

Sapi Kota Bandung Terpilih Menjadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

Share this article
Ilustrasi sapi hewan kurban. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

kabarSunda.com — Tiga ekor sapi milik peternak di Kota Bandung terpilih menjadi salah satu hewan kurban Presiden Jokowi tahun ini. Sapi jenis simental dan limosin tersebut memiliki bobot sekitar 1,2 ton dan dipilih melalui seleksi ketat hingga dinyatakan layak.

“Setelah melalui berbagai proses seleksi, termasuk pengecekan kesehatan terakhir, sapi-sapi ini lolos menjadi hewan kurban presiden,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefullah, dalam keterangan yang diterima, Senin (17/6/2024).

Example 300x600

Sapi-sapi tersebut milik peternak Vandry Dwitama dari Cibiru, Kota Bandung. Ketiganya diberi nama Ganesha, Ragasa, dan Gerengseng, dengan berat masing-masing 1.103 kg, 1.130 kg, dan 1.188 kg, serta harga Rp100 juta.

Ketiga sapi ini telah melalui proses seleksi mulai dari penjaringan di level provinsi hingga pemeriksaan oleh tim Kepresidenan. Pemeriksaan meliputi tinggi badan, lingkar badan, hingga uji darah di laboratorium.

“Tentunya ini sebuah kebanggaan karena sapi dari peternak asal Kota Bandung terpilih Presiden untuk dijadikan hewan kurban,” ungkap Wilsandi.

Terpilihnya sapi dari Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan pertama kalinya. Sebelumnya, pada tahun 2022 dan 2023, juga terpilih masing-masing satu ekor sapi.

Nantinya, ketiga sapi tersebut akan disembelih di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *