Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai Merawat 78 Pasien Gangguan Jiwa dalam Tiga Bulan Terakhir

12
×

RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai Merawat 78 Pasien Gangguan Jiwa dalam Tiga Bulan Terakhir

Share this article
Pasien terganggu jiwa mendapat pelayanan di RSUD Sultan Sulaiman. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Dalam tiga bulan terakhir, RSUD Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai telah merawat sebanyak 78 pasien gangguan jiwa. Direktur RSUD Sultan Sulaiman, dr. Syari Aldi Saragih, mengungkapkan rincian jumlah pasien sebagai berikut: pada bulan April terdapat 41 pasien, bulan Mei 25 pasien, dan bulan Juni sebanyak 12 pasien.

“Total dalam tiga bulan ini ada 78 pasien gangguan jiwa yang berobat ke RSUD Sultan Sulaiman,” kata dr. Syari Aldi pada Sabtu (22/6/2024).

Example 300x600

Pasien gangguan jiwa yang berobat ke RSUD Sultan Sulaiman berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara, bukan hanya dari Serdang Bedagai. “Mereka diantar oleh pihak keluarga untuk berobat jalan, bahkan ada yang rawat inap,” ungkap dr. Syari Aldi.

Untuk memastikan ketersediaan obat-obatan psikotropika bagi pasien, pihak rumah sakit selalu berkoordinasi dengan penyalur obat-obatan yang ada di Kota Medan. “Sebelum stok obat habis, kita sudah ajukan permohonan ke pihak penyalur di Medan,” terangnya.

Dr. Syari Aldi menjelaskan bahwa permohonan obat-obatan psikotropika harus melalui proses pengawasan ketat, melibatkan pihak Balai POM dan apoteker. Setelah mereka setuju, obat tersebut baru didistribusikan melalui paket pengiriman yang disediakan oleh penyalur. “Selain pengajuan permohonan dengan pengawasan ketat, pengiriman paket mereka yang menyediakan, jadi sebelum obat habis kita sudah ajukan,” imbuhnya.

Meski jumlah pasien gangguan kejiwaan yang dirawat cukup banyak, dr. Syari Aldi mencatat bahwa belum ada keluarga pasien yang merasa kecewa dengan pelayanan RSUD Sultan Sulaiman. “Memang ada sekali, itupun hanya salah paham. Namun semua sudah terkendali karena obat yang mereka perkirakan kosong ternyata pengirimannya hanya terlambat. Sore harinya obat sudah diambil keluarga pasien,” jelasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *