Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi, Bijak Dalam Menggunakan dan Memahami Obat dan Jamu

8
×

RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi, Bijak Dalam Menggunakan dan Memahami Obat dan Jamu

Share this article
FOTO : Dok RSUD Leuwiliang
Example 468x60

KabarSUnda.com — RSUD Leuwiliang kembali mengedukasi masyarakat melalui Teman FM dengan tema ‘Memahami Label Obat: Tips Aman Mengonsumsi Obat dengan Bijak’, yang dihadiri oleh Ugi Rahman Kustiawan, S.Farm., Apt., apoteker berpengalaman dari RSUD Leuwiliang sebagai narasumber.

Menurut Ugi Rahman Kustiawan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya membaca dan memahami label obat sebelum mengonsumsinya. Label obat mengandung informasi penting seperti nama obat, bahan aktif, indikasi penggunaan, dosis, cara penggunaan, efek samping, peringatan, tanggal kedaluwarsa, dan instruksi penyimpanan.

Example 300x600

Dalam penjelasannya, Kustiawan menekankan bahwa memahami label obat adalah kunci untuk penggunaan obat yang tepat dan aman. Ia juga menjelaskan tentang logo-logo khusus yang ada pada kemasan obat sebagai kode keamanan penggunaan, seperti pada Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, Obat Keras, Obat Golongan Narkotika, Jamu, Obat Herbal Terstandar (OHT), dan Fitofarmaka.

Khususnya untuk obat-obatan herbal dan jamu, Kustiawan memberikan informasi tentang simbol-simbol khusus yang menandakan jenis dan kategori obat tersebut, seperti simbol pohon untuk jamu herbal, tiga bintang hijau untuk OHT, dan simbul mirip serpihan salju hijau untuk Fitofarmaka.

Pentingnya edukasi ini terletak pada pencegahan overdosis, interaksi obat yang berbahaya, dan efek samping yang tidak diinginkan. Dengan memahami label obat, pasien dapat memastikan penggunaan obat yang tepat dan efektif. Kustiawan juga menyarankan agar pasien selalu berkonsultasi dengan apoteker atau dokter jika ada pertanyaan atau keraguan terkait penggunaan obat.

Selain itu, Kustiawan memberikan tips tentang cara menyimpan obat dengan benar, termasuk tempat penyimpanan yang sesuai dengan petunjuk pada label, seperti di tempat yang sejuk, kering, terhindar dari sinar matahari langsung, dan di lemari es untuk beberapa jenis obat tertentu.

“Edukasi seperti ini harus terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan obat yang aman dan bijak,” tutupnya. Dengan demikian, RSUD Leuwiliang turut berperan dalam memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terkait aspek penting ini dalam kesehatan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *