Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Rayakan HUT, Pj. Bupati Bekasi Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

12
×

Rayakan HUT, Pj. Bupati Bekasi Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

Share this article
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengimbau Satuan Polisi Pamong Praja dan Satlinmas untuk berperan aktif dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024 mendatang.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bekasi baru saja merayakan hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-72 serta Hari Ulang Tahun Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) yang ke-62, di Plaza Pemdakab Cikarang Pusat, pada hari Senin (3/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dari Satpol PP Jawa Barat, Jajaran Satpol PP Kabupaten Bekasi, serta Satlinmas dari seantero Kabupaten Bekasi.

Example 300x600

Penjabat (Pj.) Bupati Bekasi, yaitu Dani Ramdan, memberikan apresiasi yang tinggi bagi Satpol PP dan Satlinmas yang telah berdedikasi tanpa kenal lelah dalam upaya menjaga keamanan lingkungan. Pengabdian yang telah mereka tunjukkan merupakan bukti komitmen yang luar biasa terhadap pelayanan masyarakat, meskipun mereka bekerja secara sukarela.

“Dalam menjalankan tugas mereka, Satpol PP dan Satlinmas bekerja tanpa henti. Mereka siap sedia menjalankan tugas mereka setiap hari, tanpa mengenal waktu. Ketika ada tugas yang memanggil, mereka dengan sigap melaksanakannya. Baik itu dalam situasi kebencanaan maupun dalam pengamanan acara-acara di desa atau kampung, peran mereka sungguh tak tergantikan,” ujar Dani Ramdan setelah memimpin upacara perayaan.

Menurut Dani Ramdan, peran Satpol PP sangat vital bagi Pemkab Bekasi sebagai garda terdepan dalam penegakan ketertiban, baik itu dalam penanggulangan bangunan liar, penyalahgunaan minuman keras (Miras), operasional tempat hiburan yang tidak memiliki izin resmi, maupun konflik sosial lainnya.

“Dalam menanggulangi potensi-potensi kerawanan dan ketidakamanan masyarakat, Satpol PP berada di garis terdepan. Memang, jumlah personel Satpol PP belum sebanding dengan jumlah penduduk yang mereka layani. Namun, setiap hari mereka berjaga-jaga untuk menjaga ketertiban, dan kami sangat berterima kasih atas dedikasi mereka,” tambahnya.

Sebagai bentuk apresiasi dan perhatian yang lebih lanjut, Pemkab Bekasi memberikan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota Satlinmas yang berpotensi mengalami kecelakaan kerja atau sakit dalam menjalankan tugas mereka.

“Selain asuransi kecelakaan, anggota Satlinmas yang meninggal dunia dalam bertugas akan menerima santunan sebesar Rp 42 juta untuk ahli warisnya. selain itu, bagi anggota yang telah bergabung selama 3 tahun dan memiliki anak, dua orang anaknya akan mendapatkan beasiswa hingga menyelesaikan Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Kasatpol PP Kabupaten Bekasi, Surya Wijaya, menegaskan bahwa perayaan ulang tahun ini akan menjadi momentum untuk mendorong Satpol PP dan Satlinmas agar semakin baik dalam menjalankan tugas mereka dalam menjaga ketertiban umum dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Menyikapi momen Pilkada 2024 yang akan datang, Surya menjelaskan bahwa Satlinmas yang tersebar di desa-desa dan kelurahan-kelurahan akan diikutsertakan dalam operasi keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Linmas di setiap desa akan dikerahkan sebagai salah satu upaya memastikan keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan Pilkada 2024. Mereka akan berperan dalam pengamanan di tempat-tempat pemungutan suara, dan akan bekerja secara ad hoc sesuai dengan kebutuhan dalam mengamankan proses demokrasi yang berlangsung,” jelas Surya.

Perayaan ulang tahun Satpol PP dan Satlinmas yang telah berlangsung meriah ini merupakan momen penting untuk mengenang jasa dan dedikasi para petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bekasi. Semoga kebersamaan dan semangat pelayanan yang terus berkobar di kalangan Satpol PP dan Satlinmas dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan daerah. Semoga kebersamaan dan semangat pelayanan yang terus berkobar di kalangan Satpol PP dan Satlinmas dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan daerah.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *