Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Puluhan Siswa Didiskualifikasi dari PPDB karena Curang, Begini Respon DPRD Jabar

9
×

Puluhan Siswa Didiskualifikasi dari PPDB karena Curang, Begini Respon DPRD Jabar

Share this article
Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya, mengapresiasi langkah tegas yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendiskualifikasi puluhan calon siswa didik baru pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Sebanyak 94 calon siswa diketahui melakukan kecurangan dengan mengelabui sistem PPDB melalui manipulasi alamat domisili.

Abdul Hadi Wijaya menegaskan bahwa apresiasi tersebut ditujukan kepada Penjabat Gubernur dan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat yang telah mengambil langkah tegas ini. Ia mengungkapkan bahwa 94 calon siswa yang telah diterima di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 5 Kota Bandung secara tidak sah didiskualifikasi setelah terbukti melakukan manipulasi data.

Example 300x600

Menurut Abdul Hadi Wijaya, kejadian ini harus menjadi pembelajaran bagi orang tua siswa untuk tidak mencoba-coba memanipulasi data PPDB di masa mendatang. Ia berharap bahwa tindakan ini juga dapat memberikan efek jera yang cukup kuat sehingga tidak ada lagi praktik kecurangan dalam PPDB di Jawa Barat.

Abdul Hadi juga mendorong agar sekolah-sekolah negeri di Jawa Barat tidak ragu untuk melakukan diskualifikasi terhadap calon siswa yang terbukti melakukan kecurangan, serta menegaskan perlunya penegakan aturan yang sama di seluruh sekolah di provinsi ini.

Plh Kadisdik Jabar, M. Ade Afriandi, menyebutkan bahwa dari 94 calon siswa yang didiskualifikasi, sebanyak 67 calon siswa berasal dari SMA Negeri 3 Bandung dan 27 calon siswa dari SMA Negeri 5 Bandung. Langkah ini diambil berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat yang diperkuat dengan Surat Tanggung Jawab Mutlak yang ditandatangani oleh orang tua calon siswa dan surat dari Ombudsman terkait temuan dan saran penyelenggaraan PPDB.

Dengan demikian, tindakan ini tidak hanya menjadi upaya untuk memastikan integritas dan keadilan dalam PPDB, tetapi juga sebagai langkah untuk memberikan contoh yang baik dalam menerapkan aturan dan nilai-nilai kejujuran di lingkungan pendidikan di Jawa Barat.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *