Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

PPDB Tahap I Jabar 2024 Resmi Diumumkan

13
×

PPDB Tahap I Jabar 2024 Resmi Diumumkan

Share this article
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengunjungi kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 1 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 telah diumumkan. Sesuai jadwal, pengumuman dilaksanakan pada Rabu (19/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menyatakan bahwa Panitia PPDB telah bekerja dengan tekun untuk melakukan verifikasi dokumen pendaftaran guna memastikan keabsahan dan keakuratan dokumen tersebut.

Example 300x600

“Kami memberikan apresiasi kepada Panitia PPDB. Sampai detik terakhir, Dinas Pendidikan dengan dukungan aparat penegak hukum melaksanakan verifikasi mendetail untuk mencegah kecurangan terkait domisili, kartu keluarga (KK), dan lain sebagainya,” ujar Bey Machmudin.

“Verifikasi alamat dan dokumen kependudukan merupakan langkah serius kami dalam menyelenggarakan PPDB yang bersih dari kecurangan,” tambahnya.

Petugas pun melakukan verifikasi lapangan untuk memastikan domisili calon peserta didik. Meskipun data KK menunjukkan kedekatan dengan sekolah, panitia PPDB tetap melakukan pengecekan lapangan yang kemudian dibawa dalam rapat pleno guna mengesahkan hasil verifikasi akhir.

“Kami telah melakukan pengecekan. Artinya, kami akan menggugurkan pendaftaran yang tidak wajar, dan pihak sekolah tidak perlu ragu untuk melakukannya,” tegas Bey.

Bey menyarankan agar calon peserta didik yang tidak lolos seleksi dapat mencari sekolah swasta. “Saya kira banyak sekolah swasta yang berkualitas, jadi manfaatkan jalur sekolah swasta,” ujarnya.

Bey juga mengapresiasi keberanian seluruh panitia PPDB yang berkomitmen untuk mematuhi aturan. Ia mengingatkan panitia PPDB agar tidak takut menghadapi intervensi atau ancaman dari pihak tertentu.

“Banyak intervensi yang mencoba menitipkan, tapi petugas tetap berpegang teguh pada komitmen dengan menandatangani pakta integritas. Jadi, mereka harus menjalankan tugas sesuai aturan agar tidak dipecat,” kata Bey.

“Jika setelah pengumuman ada ancaman, silakan laporkan kepada kami, dan kami akan memberikan pendampingan. Semoga tahun ini PPDB Jabar menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

Pengumuman Dapat Diakses

Pengumuman PPDB yang dilakukan pada Rabu malam kini sudah dapat diakses. Masyarakat dapat melihat hasilnya melalui nomor pendaftaran di situs web Dinas Pendidikan Jabar, disdik.jabarprov.go.id, aplikasi Sapawarga, atau langsung ke sekolah tujuan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *