Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

PPDB Jabar 2024, Bey Machmudin Tegaskan akan Anulir Kelulusan jika Ada Kecurangan

11
×

PPDB Jabar 2024, Bey Machmudin Tegaskan akan Anulir Kelulusan jika Ada Kecurangan

Share this article
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com  — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk mewujudkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang transparan dan bebas kecurangan. Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menegaskan bahwa pihaknya siap membatalkan kelulusan jika terbukti ada calon peserta didik yang melakukan kecurangan atau menggunakan data yang tidak wajar.

“Walaupun sudah diumumkan (PPDB), saya minta jika ada yang melanggar aturan maka kelulusannya dianulir (tidak sah),” ujar Bey pada Jumat (21/6/2024).

Example 300x600

Bey menginstruksikan Dinas Pendidikan untuk segera menindaklanjuti setiap laporan kecurangan atau data yang tidak wajar. Hal ini merespons kekhawatiran masyarakat mengenai kemungkinan manipulasi data dalam proses seleksi PPDB. “Ada salah satu sekolah di suatu tempat yang diulang sidang plenonya, akan diteliti ulang untuk memastikan data domisili tepat,” ungkap Bey.

Terkait permintaan dari masyarakat dan lembaga independen untuk melakukan audit, Bey menekankan pentingnya peran lembaga-lembaga yang sudah ada dalam mengawasi proses seleksi PPDB, seperti Ombudsman, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Inspektorat. “Selama ada bukti, kenapa tidak? Ombudsman juga ikut mengawasi, karena jika kami diaudit, akan seperti apa auditnya,” kata Bey.

“Kami sudah ada aturannya, di internal juga ada BPKP dan Inspektur, jadi percayalah kami akan memberikan yang terbaik,” lanjutnya.

Bey menjelaskan bahwa pengumuman hasil PPDB yang baru dirilis pada malam hari adalah akibat dari panitia yang terus melakukan verifikasi di lapangan untuk memastikan kejujuran calon peserta dalam memberikan data. “Karena itu semua dicek, kenapa pengumuman sampai malam? Karena terus verifikasi dilakukan. Itu karena dinamika di lapangan. Daripada kita umumkan cepat, lebih baik memastikan proses verifikasi sudah lengkap,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *