Mengenal Sosok Mendunia di Jawa Barat

Mengenal Sosok Mendunia di Jawa Barat
bgrf.

Ridwan Kamil Lahir di Bandung pada tanggal 4 Oktober 1971, Emil nama sapaan akrabnya. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih.

Selama bersekolah, ridwan Kamil dikenal sebagai sosok yang aktif dan cerdas. Selain aktif di OSIS, Paskibra dan klub sepak bola, Emil selalu masuk dalam rangking lima besar di kelasnya.
Setelah tamat sekolah dasar ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Bandung kemudian di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987 hingga 1990.
 

Kuliah Arsitek di ITB
Dalam Biografi Ridwan Kamil diketahui bahwa setelah tamat SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Arsitektur dari tahun 1990 hingga 1995.

Bekerja di Amerika
Lulus dari ITB, ia memilih untuk bekerja di Amerika Serikat. Tapi hanya bertahan empat bulan bekerja ia berhenti karena dampak krisis moneter Indonesia yang membuat klien tidak membayar pekerjaannya.
Mendirikan Urbane
Ridwan Kamil diketahui bahwa pada tahun 2002 Ridwan Kamil pulang ke tanah kelahirannya Indonesia dan dua tahun kemudian mendirikan Urbane. Sebuah firma yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain.

Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia. beliau juga menjabat sebagai Dosen tidak tetap Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, serta Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).


Karir Politik Ridwan Kamil

  • Walikota Bandung

Nama Ridwan Kamil mulai dikenal di masyarakat ketika pada tahun 2013, ia dicalonkan menjadi walikota Bandung oleh partai PKS dan Gerindra. Pada pilkada kota Bandung tersebut, ia berpasangan dengan Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil walikota Bandung.

Hasil pilkada tahun 2013 menyatakan Ridwan Kamil dan Oded Muhammad Danial keluar sebagai pemenang dalam pilkada Walikota Bandung.

  • Gubernur Jawa Barat

Prestasinya sebagai salah satu walikota terbaik di Indonesia membuat partai PPP, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Hanura mengusung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat.

Hasil Pilkada Jawa Barat pada tahun 2018 memutuskan bahwa Ridwan Kamil terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai wakil gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil dilantik secara resmi sebagai Gubernur Jawa Barat pada bulan september 2018.

 

 

Penulis : redaksi

Editor : Almasytha Suroto