Ciri Khas Orang Sunda

Ciri Khas Orang  Sunda
int.


Suku sunda mempunyai ciri khas tersendiri dari suku-suku yang lainnya, Suku Sunda terkenal dengan keindahan orang dengan keramahan di Jawa bagian barat.
Leluhur sunda yang dikenal memiliki watak lemah lembut, mewariskan sifat-sifat yang melekat dalam diri orang sunda dan menjadi keunikan tersendiri ketika mereka berbaur dengan masyarakat lainnya.
Berikut ini penjelasan orang sunda dengan segala sifat dan kebiasannya:


1. Berbudi Luhur & Sopan Santun
Orang Sunda memang dikenal dengan orang-orangnya yang memiliki sifat sangat ramah di Indonesia. Hal ini terbukti ketika orang Sunda menyapa atau memberi salam kepada orang-orang di sekitar mereka, maka mereka akan selalu tersenyum lalu diikuti dengan sapaan “Teh” / “Neng” untuk wanita dan “A” / “Kang” untuk Pria. Orang Sunda juga terkenal dengan tutur kata dan bahasa yang santun, dengan cengkok yang sangat indah khas logat orang-orang Sunda.


2.  Mengganti huruf F jadi P
Ini sudah jadi kebiasaan, karena kebiasaan orang sunda menukar huruf, seperti huruf f menjadi hurup P. Jadi dalam berbicarapun orang sunda suka di kacangin dengan disuruh menyebut huruf F. Tapi itu menjadi keunikan dari suku sunda.


3.  Aksara Sunda
Bahasa Sunda merupakan satu satunya bahasa daerah dari Indonesia yang sudah diaplikasikan ke dalam bahasa computer dengan lisensi UNICODE (Lisensi Bahasa Komputer Internasional) Itu merupakan suatu kebanggaan bagi orang sunda.


4.  Orang Sunda Jarang Merantau
Orang sunda jarang merantau keluar jawa Barat, karena Pusat Kotanya kan di Jawa Barat, Jakarta juga cuma beberapa kilometer bisa ditempuh, pendidikan, hiburan, pantai, mall, pegunungan, persawahan, perkantoran, pertokoan, grosir, kampung, kebudayaan, keagamaan, dan semua hal yang dibutuhkan ada di Jawa Barat atau sekitarnya, sehingga banyak orang Jawa Barat yang enggan Pergi keluar Jawa Barat, karena semua peluangnya ada disini.


5. Kuliner
Ini dia ciri orang sunda yang ke tujuh, yaitu Kuliner. Orang Sunda terkenal dengan segala macam kuliner yang Mantap. Sajiannya dengan ciri Khas alami, dan yang paling menjadi primadona di sunda ini adalah “Sambal”, tidak lengkap rasakan makanan sunda tidak menggunakan sambal. 

Nasi Panas, Empal Daging, Sambel Goreng Terasi, Pete, Kangkung, Ikan Asin, Ayam Bakar, Tempe Tahu, Lalapan, Ikan gurame goreng, Sayurnya Sayus Asem, Sambel Kecap, dan yang terakhir adalah Teh Hangat. Tidak Lupa, sekarang sudah banyak muncul kuliner yang lebih beraneka ragam lagi.


6. Kreatif
Orang sunda terkenal dengan kreatif, apalagi kalo soal musik. Alat music di sunda itu banyak macamnya dari yang terkenal mulai dari angklung sampai  dengan karinding, dan masih banyak lagi alat music lainnya.


7. Orang Sunda Humoris
 Selera humor orang sunda itu tinggi, kadang mereka dapat membuat kamu tertawa meski dalam situasi serius sekalipun, tengok saja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang dengan Status-Status di media sosialnya saja dapat membuat kita tertawa terpingkal-pingkal.

Selain itu, banyak sekali banyolan-banyolan dalam bahasa Sunda. Seperti Bodoran wayang golek, cangehgar, lawakan kang Ibing, Dongeng-dongeng sunda, Si Ijem, Ceramah Jujun, Lawakan Ohang yang dapat membuat hidup orang sunda penuh dengan senyum.


8. Religius
Tidak usah diragukan lagi jika masyarakat Sunda memegang gelar masyarakat yang taat beribadah. Hal ini terbukti dengan banyaknya pondok-pondok pesantren dan masjid-masjid yang sering digunakan masyarakat Sunda, khususnya di daerah Tasikmalaya dan Cianjur sebagai sarana menuntut ilmu agama. Masyarakat Sunda memiliki pedoman “Biarpun hidup susah maupun sukses, yang penting jangan meninggalkan sholat”. Selogan-selogan islami hampir serupa dapat dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Cianjur Gerbang Marhamah, Bogor Beriman, dan Bandung Bermartabat.


9. Dilarang Menikah Sama Orang Jawa? Kenapa Ya?
Kebiasaan orang sunda jaman dahulu takut kualat kalau anaknya menikah dengan orang jawa, sebetulnya ini hanya mitos saja. Namun di masa kini pun masih banyak yang percaya, jika orang sunda dan jawa disatukan dalam pernikahan maka kehidupan keluarganya-pun gak bakalan langgeng.

Mengenai mengapa orang tua sunda kadang melarang menikah dengan orang jawa salah satunya karena dendam dari Perang Bubat antara kerajaan Pajajaran dengan Kerajaan Majapahit di masa lalu.

Namun bisa juga karena karakter dari orang Jawa dan Sunda yang saling bertolak belakang satu sama lainnya. Tapi banyak juga koq orang sunda dan jawa yang menikah dan kehidupan mereka fine – fine aja.

Nah itulah ciri khas orang sunda, yang merasa orang sunda tentunya sudah mengalami hal seperti ini yang, dan tentunya merasakan hal-hal seperti yang saya sebutkan di atas. Namun di luar itu semua, suku Sunda sungguh sangat kaya, Jadi jangan malu, menjadi suku sunda. Itulah Hal Unik yang ada di Sunda.

Penulis : Almasytha Suroto

Editor : Almasytha Suroto