Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Pj Wali Kota Bandung Mengapresiasi Peran Mahasiswa Unpar dalam Kepedulian Lingkungan

15
×

Pj Wali Kota Bandung Mengapresiasi Peran Mahasiswa Unpar dalam Kepedulian Lingkungan

Share this article
Gelar KKL Ekologi, Pj Walikota Bandung Berikan Apresiasi Mahasiswa Unpar Peduli Lingkungan.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, mengapresiasi inisiatif para mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang telah memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan. Mereka terlibat aktif dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Ekologi selama 40 hari, turun langsung ke masyarakat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

“Saya sangat menghargai mahasiswa Unpar yang telah menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pihak kampus yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Bambang pada acara Sharing Praktik Baik dan Kegiatan Kelulusan KKL Ekologi ke-2 Unpar, di Kampus Unpar, Jumat 14 Juni 2024.

Example 300x600

Bambang menyoroti pentingnya interaksi langsung dengan masyarakat sebagai upaya positif untuk memahami kondisi lingkungan secara mendalam.

“Ini membutuhkan upaya besar bagaimana mereka memberikan edukasi, mengevaluasi kondisi lingkungan, dan mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar nyaman bagi semua,” tambahnya.

Selain itu, Bambang juga mengajak semua pihak untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan. Program ini tidak hanya berfokus pada pendidikan formal, tetapi juga melibatkan berbagai sektor dalam kota Bandung.

“Misalnya dalam penanganan sampah, kami membentuk berbagai kluster di pendidikan, pusat perbelanjaan, layanan kesehatan, perkantoran, hingga tingkat lingkungan untuk meningkatkan manajemen sampah secara signifikan,” jelasnya.

Piyus Sugen Prasetyo, Ketua KKL Ekologi Unpar, juga menyatakan komitmennya untuk terlibat aktif dalam kegiatan ini, termasuk kolaborasi dengan pihak Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda dalam mengelola lingkungan.

“Kami memulai dengan Clean Up Day, di mana 150 peserta termasuk mahasiswa, warga, dan tim Citarum Harum bergabung membersihkan sampah bersama. Ini adalah contoh konkret kolaborasi kami,” ungkap Piyus.

Lebih lanjut, kegiatan ini meliputi eksplorasi dan edukasi, di mana mahasiswa memberikan pemahaman langsung kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan.

“Kami melanjutkan dengan kegiatan Door to Door Educations untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, sehingga memberikan dampak positif yang berkelanjutan,” tutup Piyus.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *