Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pj. Bupati Garut Luncurkan Operasi Trantibum dan Bulan Sadar Pajak 2024

10
×

Pj. Bupati Garut Luncurkan Operasi Trantibum dan Bulan Sadar Pajak 2024

Share this article
Launching Operasi Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) serta Bulan Sadar Pajak Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2024
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, meresmikan Operasi Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) serta Bulan Sadar Pajak Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2024 pada Rabu (19/6/2024). Acara ini digelar di area Mal Pelayanan Publik, Simpang Lima, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Turut hadir Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Garut, AKBP Rohman Yongky Dilatha, Komandan Detasemen Polisi Militer III/2 (Dandenpom III/2) Garut, Letkol Cpm (K) Wiana Warsanah, Sekretaris Daerah (Sekda) Nurdin Yana, dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Barnas Adjidin menekankan pentingnya menjaga ketertiban umum di Kabupaten Garut melalui keterlibatan berbagai pihak. Ia berharap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), stakeholder, dan masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga ketertiban di Kabupaten Garut.

Example 300x600

Barnas juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan Bulan Sadar Pajak ini guna melunasi kewajiban pajak. Ia mengingatkan pentingnya pengurusan surat-surat kendaraan agar para pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Pembayaran pajak sangat penting untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mendukung pembangunan di berbagai sektor.

“Dengan adanya pembayaran pajak, pembangunan bisa kita lakukan. Dengan bayar pajak, PAD kita bertambah, dan pembangunan dari semua sektor ini bisa dilakukan,” ucap Barnas.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Garut, AKBP Rohman Yongky Dilatha, mendukung penuh pelaksanaan Operasi Trantibum dan Bulan Sadar Pajak ini. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum serta pendapatan pajak.

“Kita berharap kesadaran pajak di Kabupaten Garut ini dapat meningkat, sehingga pendapatan dari sektor pajak mendukung pembangunan nasional di Kabupaten Garut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Garut, Usep Basuki Eko, menyampaikan bahwa peluncuran Operasi Trantibum ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh Pj Bupati, Kapolres, dan Dandim 0611/Garut pada Mei lalu. Salah satu fokusnya adalah pemberantasan minuman keras (miras), melibatkan semua unsur Forkopimda dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat bawah.

“Pemberantasan miras tidak hanya dilakukan oleh Pol PP tetapi oleh semua unsur Forkopimda, dari tingkat kabupaten sampai ke bawah,” ucapnya.

Selain itu, pelaksanaan Bulan Sadar Pajak dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat juga diselaraskan dengan Operasi Trantibum.

“Untuk pembangunan diperlukan anggaran, dan salah satunya berasal dari pajak. Atas dasar itulah dilakukan peluncuran oleh Pak Bupati,” lanjutnya.

Usep Basuki Eko berharap, kolaborasi Operasi Trantibum dengan TNI dan Polri ini dapat menurunkan gangguan ketertiban dan meningkatkan keamanan masyarakat.

“Pelaksanaan KRYD setiap malam menertibkan kendaraan knalpot brong, memeriksa pajaknya, dan akhirnya banyak yang membayar pajak, sehingga pajak pun meningkat. Ini saling berkaitan,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *