Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Percepat Pembangunan Wilayah Utara, Dani Ramdan Ajukan Sertifikasi Lahan Hutan Muaragembong

9
×

Percepat Pembangunan Wilayah Utara, Dani Ramdan Ajukan Sertifikasi Lahan Hutan Muaragembong

Share this article
Sejak 2022, warga yang sudah bertahun - tahun tinggal di wilayah ini telah meminta kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar memberikan perubahan status lahan kawasan hutan sosial milik pemerintah tersebut.
Example 468x60

KabarSunda.com — Untuk mempercepat pembangunan di pesisir utara Kecamatan Muaragembong, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengajukan permohonan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk mempercepat proses sertifikasi tanah yang telah lama ditempati warga di kawasan hutan sosial atau tanah negara.

Dani Ramdan menyampaikan hal ini saat bertemu dengan Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat kunjungan ke Kabupaten Bekasi baru-baru ini. Dia menyoroti bahwa banyak lahan yang telah digunakan untuk pemukiman warga, kantor pemerintah, fasilitas umum, dan lainnya, namun masih berstatus tanah negara.

Example 300x600

Pelepasan status kawasan hutan untuk masyarakat yang sudah lama bermukim di Muaragembong telah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Dani Ramdan menyampaikan bahwa proses ini telah memperoleh persetujuan dari KLHK dan Pemerintah Kabupaten Bekasi, tinggal menunggu proses penerbitan sertifikatnya.

Enam desa di Kecamatan Muaragembong sebelumnya telah mengajukan permohonan pelepasan status kawasan hutan sosial kepada KLHK melalui Pemerintah Kabupaten Bekasi pada tahun 2022. Salah satu kepala desa, Maman Suryaman dari Desa Pantai Bahagia, menyatakan bahwa pelepasan status ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat, termasuk akses terhadap program Rutilahu dan pembangunan infrastruktur.

“Pelepasan status kawasan hutan sosial dari Perhutani akan sangat bermanfaat untuk kemajuan ekonomi dan pengembangan wilayah di Muaragembong. Tanah yang saat ini masih berstatus kehutanan telah menjadi penghambat bagi perkembangan sosial, ekonomi, dan wisata di daerah kami,” ungkap Maman.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *