Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Perayaan HJB ke-542, DPRD Kota Bogor Gelar Rapat Paripurna Istimewa

10
×

Perayaan HJB ke-542, DPRD Kota Bogor Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Share this article
Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.
Example 468x60

KabarSunda.com — Dalam rangka merayakan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, DPRD Kota Bogor menggelar rapat paripurna pada Senin, 3 Juni 2024. Rapat ini dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, serta jajaran forkopimwil, forkopimda, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, dan tamu undangan dari daerah lain.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, memimpin rapat paripurna yang menggunakan bahasa Sunda dan dilengkapi dengan juru bahasa isyarat untuk memastikan aksesibilitas bagi disabilitas. Atang menyampaikan bahwa perayaan HJB merupakan bentuk penghormatan terhadap pelantikan Sri Baginda Prabu Siliwangi sebagai pemimpin kerajaan Padjajaran. Keberhasilan kepemimpinan Prabu Siliwangi menjadi inspirasi bagi warga Kota Bogor untuk terus menjaga dan membangun kota.

Example 300x600

“Ini sesuai dengan pepatah dari para leluhur yang hingga saat ini kita jadikan sebagai motto Kota Bogor yakni ‘Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampereun Jaga,’” ujar Atang.

Tema perayaan HJB ke-542 adalah “Raharja Gawe Rancage,” yang berarti kesejahteraan warga dapat tercapai melalui program pembangunan dan pelayanan yang lebih baik. Atang menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan yang baik, yang akan melahirkan generasi berkualitas dan mampu memperbaiki kehidupan mereka di masa depan.

“Pendidikan yang baik akan melahirkan generasi yang berkualitas, baik dari segi keilmuan maupun kepribadian. Pendidikan yang baik juga akan menghasilkan generasi yang dapat memperbaiki kehidupannya di masa depan,” kata Atang.

Selain pendidikan, pembangunan ekonomi juga menjadi prioritas dengan fokus pada pemerataan kesejahteraan dan keadilan. Atang menyebutkan bahwa kemiskinan dan sulitnya mendapatkan pekerjaan masih menjadi persoalan yang harus diatasi.

“Kearifan lokal, budaya gotong royong, kebersamaan, dan kelestarian lingkungan harus menjadi nafas dalam setiap program pembangunan,” jelas Atang.

Rapat paripurna dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Bogor oleh Rektor Universitas Nusa Bangsa, Dr. Ir. Yunus Arifien, pantun pacilong oleh budayawan R. Dodi Sarif Hidayat, dan wangsit Siliwangi oleh mantan Sekda Kota Bogor, H. Dedi Suyud Hamdan.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dalam sambutannya menekankan pentingnya semangat kebersamaan, kerjasama, dan kolaborasi untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Ia yakin bahwa dengan prinsip kebersamaan, pembangunan di Kota Bogor dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Saya yakin dengan semangat ‘Raharja Gawe Rancage’ kita akan mampu menjalankan program-program yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ujar Bey.

Ia juga menekankan komitmen Pemprov Jabar untuk mendukung pembangunan di Kota Bogor melalui program-program peningkatan infrastruktur, pendidikan, dan ekonomi kerakyatan. Bey berharap tema “Raharja Gawe Rancage” dapat menjadi inspirasi untuk bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat.

Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, menyampaikan pentingnya adaptasi pelayanan publik terhadap perubahan karakter masyarakat pasca pandemi Covid-19. Ia mengajak seluruh ASN di Pemkot Bogor untuk meningkatkan kompetensi dalam memahami karakter generasi milenial dan Z yang menjadi target pelayanan.

“Dulu tidak banyak pelayanan berbasis online, tapi sekarang hampir semua pelayanan bisa online. Perlu ada peningkatan kompetensi untuk memahami karakter generasi ini,” jelas Hery.

Hery mengaku kagum dengan perayaan HJB yang menunjukkan kolaborasi luar biasa dari semua unsur masyarakat Kota Bogor. “Poinnya bukan membandingkan, tapi apa yang dilakukan masyarakat Kota Bogor menunjukkan bahwa kolaborasi semua unsur luar biasa,” tutupnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *