Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu: Fokus pada Pemutakhiran Data dan Netralitas ASN

5
×

Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu: Fokus pada Pemutakhiran Data dan Netralitas ASN

Share this article
Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi.
Example 468x60

KabarSunda.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi memfokuskan pengawasannya pada kerawanan Pemilihan yang berkaitan dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi, menyampaikan bahwa pada setiap gelaran Pilkada di tingkat lokal, isu netralitas menjadi salah satu yang paling rawan.

Example 300x600

“Fokus kami saat ini adalah memetakan secara lokal isu netralitas Aparatur Sipil Negara, kepala desa, TNI-Polri, yang banyak terjadi pada tahapan Pemilihan,” jelas Akbar di kantornya, Senin, 24 Juni 2024.

Terkait Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) serentak Tahun 2024, Akbar menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu keterangan resmi dari Bawaslu RI. Isu lainnya yang berpotensi muncul di Kabupaten Bekasi mencakup isu Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA), serta politik uang (money politic).

“Isu lainnya, seperti isu SARA dan money politic, juga menjadi perhatian kami,” tegasnya.

Dalam pengawasan tahapan Pilkada 2024 yang sedang berjalan, Bawaslu Kabupaten Bekasi memantau pemutakhiran data pemilih yang dimulai hari ini. Akbar menandaskan pentingnya pemutakhiran data karena berdampak pada pengadaan logistik dan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi.

“Pemutakhiran data yang tidak akurat, komprehensif, dan mutakhir akan berpengaruh pada tahapan pengadaan logistik, surat suara, serta legitimasi hasil Pemilu, yang pada akhirnya mempengaruhi partisipasi pemilih,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *