Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Komitmen pada Kesejahteraan Lansia

9
×

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Komitmen pada Kesejahteraan Lansia

Share this article
Pemkot Bandung berkomitmen menyejahterakan sekitar 880 ribu lansia dengan berbagai program.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan atas komitmen pada kesejahteraan masyarakat lanjut usia (Lansia) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Rabu 19 Juni 2024.
Penghargaan tersebut diserahkan Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan diterima langsung Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Bambang mengatakan, penghargaan dari Pemprov Jabar merupakan bukti kerja nyata atas kinerja Pemkot Bandung dalam menyejahterakan masyarakat terutama Lansia.

Example 300x600

“Penghargaan ini tentunya akan menambah motivasi bagi Pemkot Bandung untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama Lansia,” kata Bambang.

Bambang menyebut, Pemkot Bandung berkomitmen menyejahterakan sekitar 880 ribu lansia dengan berbagai program. Tiap kecamatan memiliki Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Sahabat Lansia yang siap melayani lansia.

Kota Bandung juga telah mendeklarasikan diri sebagai Kota Ramah Lansia dan telah membuka delapan sekolah lansia yang menawarkan layanan kesehatan dan cara mengatasi masalah kesehatan di hari tua.

Saat ini, 8 Sekolah Lansia berada di Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, dan Kecamatan Astanaanyar.

Pemkot Bandung juga menyediakan layanan kesehatan untuk pemeriksaan tekanan darah, gizi, dan gula, serta layanan administrasi kependudukan seperti pembuatan akta kelahiran, akta/buku nikah, kartu tanda penduduk (KTP), dan kartu keluarga (KK).

“Kita selalu berkolaborasi dengan Lembaga Lansia Indonesia (LLI) melakukan rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial, serta pemberdayaan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, melalui tema “Nu Anom Rumawat Nu Sepuh Harebat”, semua generasi muda diingatkan untuk merawat dan menghormati para Lansia.

“Pemprov Jabar mempunyai Perda terkait penyelenggaraan lanjut usia. Dalam implementasinya pemerintah membutuhkan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan kesejahteraan bagi para Lansia,” katanya.

Pada kesempatan itu, diberikan pula penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kota yang komitmen pada kesejahteraan lansia, Posyandu Ramah Lansia, koperasi lansia, layanan terbaik bagi lansia di dalam panti, lansia berprestasi dan fasilitas kesehatan ramah lansia.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *