Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pemkab Sukabumi Bangun Pengolahan Padi Modern, Ini Harapannya

12
×

Pemkab Sukabumi Bangun Pengolahan Padi Modern, Ini Harapannya

Share this article
Petani melakukan panen padi. (foto: istimewa)
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menginisiasi pembangunan fasilitas pengolahan padi modern di wilayah Pajampangan, Kecamatan Jampangkulon. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan dari daerah tersebut. Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, menjelaskan bahwa fasilitas pengolahan padi modern ini akan membantu petani dalam mempercepat proses pengupasan kulit gabah menjadi beras.

“Pengolahan padi modern ini dibangun di salah satu sentra pertanian padi, dan akan sangat membantu petani dalam proses produksi,” ujarnya. Di fasilitas pengolahan tersebut, disediakan mesin pengupas kulit gabah modern atau rice milling unit yang mampu menghasilkan beras berkualitas tinggi dan enak.

Example 300x600

Iyos menambahkan bahwa kehadiran pengolahan padi modern ini akan meningkatkan mutu beras dari Kabupaten Sukabumi sehingga mencapai kualitas premium. Selain itu, proyek ini juga merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang sedang digalakkan pemerintah daerah.

Pemkab Sukabumi tidak menutup kemungkinan untuk membangun fasilitas serupa di beberapa titik lainnya. Hal ini bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan produksi pangan, khususnya beras, baik di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Sukabumi. Pembangunan fasilitas pengolahan padi ini juga diharapkan dapat menarik minat investor untuk menanamkan modal mereka di sektor pertanian di Sukabumi, kabupaten terbesar kedua di Pulau Jawa dan Bali.

Program pembangunan pengolahan padi modern ini telah dipresentasikan oleh Pemkab Sukabumi dalam kegiatan Investment Challenge 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Proyek ini mendapatkan respon positif baik dari pemerintah maupun investor. Sukabumi, dengan luas lahan pertanian dan sawah yang mencapai sekitar 64 ribu hektare, menawarkan peluang investasi yang sangat menjanjikan di sektor pertanian.

Investasi pada proyek ini menggunakan skema Business to Business (B2B). Melalui program kerjasama investasi ini, diharapkan produksi beras dapat meningkat dan pendapatan petani dapat terdongkrak. Pelaksanaannya juga melibatkan petani atau kelompok petani setempat, sehingga memberikan dampak positif langsung kepada komunitas pertanian di daerah tersebut.

Dengan pengolahan padi modern, Kabupaten Sukabumi berharap tidak hanya meningkatkan kualitas dan kuantitas beras lokal, tetapi juga memperkuat ekonomi petani, menjamin ketahanan pangan daerah, serta menarik lebih banyak investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan sektor pertanian.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *