Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pemdakab Bogor Luncurkan Program Baru Percepat Turunkan Angka Stunting

9
×

Pemdakab Bogor Luncurkan Program Baru Percepat Turunkan Angka Stunting

Share this article
Percepat Turunkan Angka Stunting, Pemkab Bogor Luncurkan Program Orang Tua Asuh Stunting dan Gerakan Makan Ikan.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat (Pj.) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, didampingi oleh Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor, Siti Chomzah Asmawa, meluncurkan program orang tua asuh stunting dan gerakan makan ikan bertepatan dengan Gebyar Hari Jadi Bogor (HJB) di Stadion Pakansari, Sabtu, 8 Juni 2024.

Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Siti Chomzah Asmawa, mengajak masyarakat serta para orang tua asuh stunting untuk turut serta dalam sosialisasi mengenai pentingnya gerakan makan ikan guna memenuhi asupan gizi anak dan keluarga.

Example 300x600

“Ayo makan ikan, ayo gemar makan ikan untuk kesehatan kita semua,” tutur Siti Chomzah Asmawa.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor, Setiadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. Selain sosialisasi dan pemberian bantuan gerakan makan ikan, juga disediakan fasilitas bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya bagi mereka yang berada di bawah binaan Diskanak dengan produk olahan berbahan dasar perikanan dan peternakan.

“Kami mencoba menggerakkan gerakan makan ikan dan susu kepada masyarakat, yang selain memberikan manfaat kesehatan, juga dapat mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Bogor,” terang Setiadi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Hermansyah, menyatakan bahwa sosialisasi gerakan makan ikan ini dirangkaikan dengan puncak peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, terutama ibu hamil dan ibu menyusui, agar selalu menjaga asupan gizi untuk mencegah terjadinya kasus stunting.

“Semoga upaya ini dapat mendorong percepatan penurunan angka stunting secara signifikan di Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor. Kegiatan seperti ini tidak hanya cukup dilakukan hari ini tetapi akan terus kami lanjutkan,” tegasnya.

Ketua Pokja 3 TP-PKK Kecamatan Cibinong, Keli, menjelaskan bahwa gerakan makan ikan merupakan salah satu upaya untuk menyosialisasikan dan mengajak masyarakat tentang pentingnya makan ikan. Kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan ini masih rendah sehingga perlu inovasi, salah satunya melalui olahan makanan berbahan dasar ikan yang lebih variatif.

“Makan ikan ini penting, salah satu upaya untuk mencegah stunting. Kami buat dalam bentuk olahan agar anak-anak lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Alhamdulillah, ada banyak penerima program gerakan makan ikan ini, baik para ibu hamil, ibu rumah tangga, dan anak-anak Sekolah Dasar,” kata Keli.

Milah, penerima Bantuan Orang Tua Asuh Stunting wilayah Kecamatan Bojonggede, mengaku mendukung dan menyambut baik program orang tua asuh ini yang dinilai akan berpengaruh positif terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Bogor.

“Bagus sekali, ini juga akan mendorong anak-anak kita menjadi lebih sehat. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan rutin diselenggarakan,” tegas Milah.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *