Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pemda Jawa Barat Bidik IKA Citarum Capai 60 Poin Tahun 2025

12
×

Pemda Jawa Barat Bidik IKA Citarum Capai 60 Poin Tahun 2025

Share this article
Indeks Kualitas Air DAS Citarum Ditargetkan Tembus 60 Poin Tahun 2025.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menegaskan target Indeks Kualitas Air (IKA) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum harus mencapai skor 60 poin pada Desember 2025.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, saat melakukan peninjauan di Sub DAS Citepus di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanyaanyar, Kota Bandung.

Example 300x600

“Kami akan mengoptimalkan kembali yang sudah baik. Sebelumnya, IKA Citarum berada di kisaran skor 30 poin (cemar berat), saat ini telah mencapai skor 50,78 poin (cemar ringan),” ungkap Herman.

Menurutnya, fokus saat ini adalah menghilangkan budaya membuang sampah ke sungai dan mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dari rumah.

“Kami tidak hanya fokus pada aspek struktural, tapi juga pada aspek kultural. Partisipasi masyarakat, RT, RW, kepala desa, camat, dan Forkopimcam sangat penting untuk mencapai skor 60 poin pada IKA Citarum,” tambahnya.

Herman merencanakan untuk mengunjungi seluruh DAS Citarum di 13 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk mendorong partisipasi sekretaris daerah kabupaten/kota dalam upaya meningkatkan skor IKA menjadi 60 poin.

“Kami akan bergerak dari hulu, tengah, hingga hilir, dengan total sektor sebanyak 23. Kami yakin dengan kerja keras ini, akan ada perubahan signifikan dalam waktu satu setengah tahun ke depan,” ujarnya.

Selain itu, Herman juga mengajak masyarakat untuk menerapkan Zero Food Waste, di mana sampah organik dapat dikelola dari rumah menggunakan metode maggot dan lubang biopori.

“Kami akan mengaktifkan kembali budi daya maggot di setiap kelurahan di Kota Bandung dengan menggunakan larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF). Hal ini diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan sampah organik di tingkat RT dan RW,” pungkasnya.

Herman menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah, dan bahwa edukasi menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan tersebut.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *