Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Pelantikan Pengurus SOIna Garut 2024-2028: Dorong Kemajuan Olahraga Disabilitas

12
×

Pelantikan Pengurus SOIna Garut 2024-2028: Dorong Kemajuan Olahraga Disabilitas

Share this article
Kabupaten Garut Dorong Kemajuan dan Pengembangan Olahraga Disabilitas.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pelantikan Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Kabupaten Garut masa bakti 2024-2028 telah berlangsung dengan khidmat di Aleyra Hotel & Villa, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, mengucapkan apresiasi mendalam atas pelantikan ini. Ia berharap SOIna Kabupaten Garut semakin maju, berprestasi, dan mampu mengembangkan olahraga bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Garut.

Example 300x600

Ade Hendarsyah menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam memfasilitasi kemajuan organisasi olahraga, selaras dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Alhamdulillah, di Garut sudah ada Perda Keolahragaan. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk memfasilitasi perkembangan organisasi olahraga, terutama induk-induk organisasi keolahragaan, termasuk SOIna,” ujar Ade.

Ketua SOIna Provinsi Jawa Barat, Abdul Karim, menyatakan bahwa setiap kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah melaksanakan musyawarah segera melaksanakan pelantikan pengurus SOIna di daerahnya masing-masing.

Ia juga mengungkapkan bahwa PeSOda di Jawa Barat akan menjadi ajang seleksi bagi para atlet yang akan berlaga di tingkat nasional.

Abdul Karim berharap pelaksanaan PeSoda bisa diadakan tahun ini. Namun, jika tidak memungkinkan, paling lambat awal tahun 2025.

“Idealnya dilaksanakan tahun ini, jika tidak bisa, paling lambat awal 2025. Membentuk tim memerlukan pelatihan daerah lainnya. Kami berharap tahun ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Ketua SOIna Kabupaten Garut, Tati Narwati, menyampaikan bahwa tujuan organisasi adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak penyandang disabilitas intelektual untuk menjadi produktif dan dihargai oleh masyarakat.

SOIna Kabupaten Garut telah melaksanakan program Pekan Special Olympic Kabupaten (PeSOKab) selama dua tahun berturut-turut pada 2022 dan 2023, dengan banyak atlet dari Kabupaten Garut yang telah berprestasi di tingkat kabupaten, nasional, dan internasional.

“Melalui kepengurusan SOIna Kabupaten Garut yang kedua ini, diharapkan Pengurus SOIna Kabupaten Garut dapat meningkatkan apa yang telah dilakukan di tahun sebelumnya menjadi lebih baik lagi. Jika tahun lalu baru sepuluh langkah, tahun ini harus seratus langkah, artinya harus ada peningkatan signifikan,” pungkas Abdul Karim.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *