Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah

11
×

Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah

Share this article
Plh Bupati Bekasi, Iyan Priyatna menghadiri Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, di Aula Gedung Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat.
Example 468x60

KabarSunda.com — Plh Bupati Bekasi, Iyan Priyatna, memimpin Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah yang diselenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi. Acara tersebut berlangsung di Aula Gedung Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Kamis (13/06/2024).

Rapat ini dihadiri oleh perangkat daerah terkait serta perwakilan perusahaan, dan menghadirkan narasumber Dira Ensyadewa dari Kementerian Dalam Negeri RI. Iyan Priyatna menekankan bahwa acara ini sangat penting untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sesuai dengan target yang telah ditetapkan kepada Bapenda Kabupaten Bekasi dari sektor pajak dan retribusi daerah.

Example 300x600

Menurutnya, PAD sangat vital untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di Kabupaten Bekasi, yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. “Untuk menggenjot Pendapatan Daerah, kita bahas di sini cara dan strategi peningkatannya. Pada pertemuan ini kita diskusikan pajak dan retribusi daerah serta tantangan yang akan datang,” ungkap Iyan setelah mengikuti rapat.

Iyan menjelaskan, jika diperlukan, pemerintah daerah dapat mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk meningkatkan PAD. Namun, apabila pembentukan satuan tugas sudah mampu mencapai target PAD, maka langkah tersebut dianggap cukup. “Itu nanti yang mengukur potensinya adalah SKPD yang bersangkutan,” tuturnya.

Ia menambahkan, keberadaan Satgas sangat penting dalam rangka menggenjot PAD dan piutang, terutama dari Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2). Selain itu, pelibatan Pemerintah Desa juga menjadi kunci penting dalam menggenjot piutang tersebut. “Dengan adanya kerjasama dengan pihak desa, maka SPPT yang double atau tunggakan piutang bisa segera terlihat hasilnya,” tandasnya.

Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi, Ani Gustini, menjelaskan bahwa salah satu agenda rapat tersebut adalah membentuk peraturan pelaksanaan pemungutan retribusi daerah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ani juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menurunkan tim untuk menggenjot piutang, yang berhasil mengumpulkan sebanyak Rp 20 miliar.

“Alhamdulillah, dengan turunnya tim selama 3 hari, pajak piutang kita sudah mencapai angka Rp 20 miliar,” jelasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *