Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pariwisata

Nikmati Petualangan Edukatif di Hutan Kota Babakan Siliwangi

11
×

Nikmati Petualangan Edukatif di Hutan Kota Babakan Siliwangi

Share this article
Forest Walk Babakan Siliwangi.
Example 468x60

KabarSunda.com — Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil) kembali menjadi destinasi terkemuka bagi warga lokal dan wisatawan. Selain menyajikan kesejukan dan keindahan alam, Baksil kini juga menawarkan pengalaman rekreasi edukatif yang menggarisbawahi pentingnya menjaga lingkungan.

Pada akhir pekan, Hutan Kota Babakan Siliwangi ramai dikunjungi. Banyak pengunjung terlihat berjalan dan menikmati sejuknya suasana. Beberapa di antaranya datang bersama keluarga.

Example 300x600

Umaiyah Azhar adalah salah satu pengunjung yang setia. Baginya, Hutan Kota Babakan Siliwangi adalah tempat favorit yang menawarkan udara segar, kicauan burung, dan suasana teduh.

“Anak-anak sangat senang bermain di sini. Tempat ini juga ideal untuk berfoto, dan banyak penjual makanan sehingga tidak perlu khawatir kelaparan. Terima kasih kepada pihak yang telah menciptakan dan merawat tempat ini,” ujarnya pada Minggu, 16 Juni 2024.

Vania Muliani, yang datang bersama dua anaknya setelah lama tidak berkunjung, juga berpendapat serupa. Menurutnya, tempat ini sangat cocok untuk melipir dan menikmati alam di tengah kota.

“Jaga kebersihan ya, gaes, kalau ke sini,” ingatnya.

Diketahui, Hutan Kota Babakan Siliwangi telah menerima plakat Adipura sebagai hutan kota terbaik di Indonesia pada tahun 2023. Dengan luas 3,2 hektar dan forest walk sepanjang 2 kilometer, tempat ini menjadi rumah bagi 70 jenis flora dan fauna, termasuk burung kutilang, burung perkutut, tupai, dan kupu-kupu.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas, mulai dari berjalan-jalan bersama keluarga dan teman, mengabadikan momen dengan berfoto, hingga mendapatkan edukasi tentang flora dan fauna di hutan kota ini.

Para pengunjung juga akan didampingi oleh pemandu wisata yang siap memberikan informasi mendalam mengenai keanekaragaman hayati di Hutan Kota Babakan Siliwangi. Program “Jadi Sultan” alias Jalan Kaki di Sejuknya Lingkungan Hutan diselenggarakan dengan sesi pertama pukul 10.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00-15.00 WIB. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Untuk menjaga kenyamanan dan kelestarian hutan kota, pengunjung diharapkan mematuhi peraturan yang ada, seperti tidak berlari di area forest walk, tidak membawa senjata tajam atau barang terlarang, tidak merokok, serta tidak merusak fasilitas atau melakukan vandalisme. Pengunjung juga diimbau untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan parkir di area yang telah disediakan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sambil belajar tentang flora dan fauna di Hutan Kota Babakan Siliwangi. Ajak keluarga dan teman untuk merasakan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif ini. Mari kita jaga dan lestarikan bersama hutan kota kebanggaan Bandung.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *