Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Mei 2024, Inflasi Year on Year (yoy) Provinsi Jawa Barat sebesar 2,78 Persen

14
×

Mei 2024, Inflasi Year on Year (yoy) Provinsi Jawa Barat sebesar 2,78 Persen

Share this article
Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bekasi sebesar 3,21 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 107,41 dan terendah terjadi di Kota Cirebon sebesar 1,97 persen dengan IHK sebesar 105,23.
Example 468x60

KabarSunda.com — Mei 2024 memberikan gambaran yang menarik terkait dengan tingkat inflasi Year on Year (yoy) di Provinsi Jawa Barat. Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, inflasi pada bulan Mei 2024 mencapai angka 2,78 persen. Angka ini menjadi sorotan utama karena mencerminkan kondisi ekonomi di wilayah Jawa Barat selama periode waktu tersebut.

Dari data yang disajikan, ternyata tingkat inflasi tertinggi terjadi di Kota Bekasi dengan angka 3,21 persen. Sementara itu, angka inflasi terendah tercatat di Kota Cirebon, yaitu sebesar 1,97 persen. Perbandingan angka ini memberikan gambaran yang jelas mengenai disparitas inflasi antara kota-kota di Jawa Barat.

Example 300x600

Para pejabat di BPS Jawa Barat, seperti Kepala BPS Jawa Barat Marsudijono, memberikan penjelasan terkait penyebab terjadinya inflasi y-on-y tersebut. Mereka menyebutkan bahwa kenaikan harga terutama terjadi pada kelompok pengeluaran tertentu. Misalnya, kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami kenaikan harga sebesar 5,25 persen. Hal ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi tingkat inflasi di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, penurunan harga juga terjadi pada beberapa kelompok pengeluaran. Contohnya, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami penurunan indeks sebesar 0,34 persen. Dengan adanya pergeseran harga dalam berbagai kelompok pengeluaran, hal ini turut memengaruhi kondisi ekonomi secara keseluruhan di wilayah tersebut.

Namun, yang menarik adalah adanya kejadian deflasi saat membandingkan perbedaan bulanan antara April dan Mei. Tingkat deflasi month to month (m-to-m) di Provinsi Jawa Barat pada bulan Mei 2024 tercatat sebesar 0,12 persen. Hal ini menjadi catatan penting yang menunjukkan dinamika perubahan harga dan kondisi ekonomi yang terus bergerak.

Dengan demikian, data inflasi yang dirilis oleh BPS Jabar memiliki implikasi yang luas terhadap kebijakan ekonomi maupun keputusan konsumen di wilayah Jawa Barat. Informasi tersebut menjadi sumber yang berharga dalam memahami kondisi ekonomi saat ini dan masa depan di tingkat regional. Perhatian terhadap faktor-faktor yang memengaruhi inflasi, baik secara positif maupun negatif, menjadi kunci dalam mengelola stabilitas ekonomi dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *