Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Mau Jajan Rock di Bandung? Coba Deh Main ke DU 68

10
×

Mau Jajan Rock di Bandung? Coba Deh Main ke DU 68

Share this article
DU 68 legenda penjual rilisan fisik di Kota Bandung.
Example 468x60

KabarSunda.com — Para pecinta rilisan fisik pasti tidak asing dengan istilah “Jajan Rock”. Aktivitas ini merujuk pada kegiatan berburu rilisan fisik karya musisi, seperti kaset, compact disc (CD), atau piringan hitam (vinyl).

Sebagai kota yang melahirkan banyak musisi terkenal, Bandung juga menawarkan wahana “Jajan Rock”. Salah satu tempat legendaris untuk aktivitas ini adalah DU 68.

Example 300x600

Terletak di Jalan Dipatiukur No. 68, Bandung, lokasi DU 68 tidak mudah ditemukan. Kamu perlu jeli saat melintasi daerah ini. Patokan yang bisa digunakan adalah SPBU di Jalan Dipatiukur. Setelah menemukannya, lihat ke seberang jalan. Di sana ada ruko dua lantai, dan di ruko paling kiri, kamu akan melihat deretan kaset pita.

DU 68 bisa dibilang legenda penjual rilisan fisik di Kota Bandung. Selain tempat ini, ada juga penjual kaset pita di Jalan Cihapit dan beberapa pasar tumpah di kota ini. Namun, jika kamu mencari koleksi rilisan fisik yang lebih lengkap, DU 68 masih menjadi pilihan utama.

Di DU 68, kamu bisa menemukan rilisan fisik musik lokal maupun mancanegara, dari tahun-tahun lawas hingga era 2010-an. Sebagai contoh, album ‘Berlayar’ dari Sheila On 7 yang dirilis pada akhir 2011 masih tersedia dalam bentuk kaset pita.

Perjalanan DU 68 dimulai sejak tahun 2000. Awalnya, pemilik toko berinisiatif menjual kaset-kaset bekas. Seiring berjalannya waktu, toko ini berkembang menjadi wadah kreatif bagi pecinta musik. Selain menjual rilisan fisik, DU 68 juga memproduksi rilisan fisik untuk beberapa musisi lokal setelah melalui proses kurasi.

Tidak hanya itu, DU 68 juga menyediakan alat pemutar rilisan fisik, seperti tape deck, walkman, dan pemutar piringan hitam. Meski demikian, jumlah alat ini masih terbatas.

Para pecinta rilisan fisik dan penggemar musik yang sering nongkrong di sini memiliki pengetahuan musik yang mendalam dan tak sungkan berbagi dengan pengunjung baru. Berkat suasana yang akrab, DU 68 selalu ramai pengunjung, dari penggemar musik hingga musisi.

Sebagai catatan, ketika band D’Masiv merilis album ‘Hidup Lebih Indah’ sekitar tahun 2014, vokalisnya, Rian Ekky Pradipta, mengunggah foto dirinya sedang mengunjungi DU 68 ke media sosial.

Cerita tentang DU 68 tidak berhenti di situ. Banyak penggemar musik dan kolektor rilisan fisik menjadikan tempat ini sebagai lokasi berburu di Kota Bandung.

Penasaran? Walaupun akses menikmati musik kini lebih mudah dengan layanan digital, tidak ada salahnya bernostalgia dengan rilisan fisik lawas.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *