Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Mahasiswa Universitas Siliwangi Luncurkan Program Kesehatan SIRKULASI

15
×

Mahasiswa Universitas Siliwangi Luncurkan Program Kesehatan SIRKULASI

Share this article
Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya launching SIRKULASI.
Example 468x60

KabarSunda.com — Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi (Unsil) telah meluncurkan program kesehatan Strategi Sukahurip Lawan Hipertensi (SIRKULASI) di Kantor Kelurahan Sukahurip, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (31/5/2024).

Program SIRKULASI bertujuan untuk mengurangi risiko hipertensi pada lansia melalui senam teratur serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental lansia melalui aktivitas fisik. Program ini mengusung dua strategi utama dalam melawan hipertensi, yaitu skrining hipertensi dan pelaksanaan senam Gerak Bugar Lansia (GEBRAS).

Example 300x600

Ketua kelompok mahasiswa, Kartala Natha Lutfi, menjelaskan bahwa sejak Februari 2024, ia bersama anggotanya telah merancang program SIRKULASI ini.

“Setelah melakukan analisis situasi selama kurang lebih tiga bulan di Kelurahan Sukahurip, kami menemukan bahwa hipertensi merupakan penyakit tertinggi di masyarakat, terutama pada lansia. Faktor utama penyebabnya adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Oleh karena itu, kami menciptakan inovasi program ini,” ujarnya.

Perwakilan Dosen Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsil menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap program inovatif ini yang diharapkan dapat mengurangi angka hipertensi di Kelurahan Sukahurip.

“SIRKULASI merupakan salah satu inovasi program kesehatan yang dihasilkan oleh mahasiswa dengan harapan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan semoga program ini dapat berkelanjutan,” tuturnya.

Sekretaris sekaligus Ketua Pokja Posyandu Kelurahan Sukahurip, H. Darul, juga menyambut baik inovasi program yang dicanangkan oleh para mahasiswa.

“Saya sangat mendukung program SIRKULASI ini. Meskipun sebelumnya sudah ada Germas, keduanya sama-sama baik untuk masyarakat Kelurahan Sukahurip, khususnya lansia. Saya berharap ke depannya Posyandu dapat melayani semua kategori usia, mulai dari balita hingga lansia,” ucapnya.

Perwakilan Puskesmas Tamansari, Risa, memberikan apresiasi terhadap gagasan program SIRKULASI yang dianggap sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berolahraga.

“Puskesmas Tamansari mendukung penuh mahasiswa sebagai pencetus program SIRKULASI dan kader sebagai pelaksana program,” katanya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *