Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Komunitas Hong Penjaga Permainan Tradisional di Kota Bandung

8
×

Komunitas Hong Penjaga Permainan Tradisional di Kota Bandung

Share this article
Komunitas Hong yang menjadi penjaga permainan-permainan tradisional di Kota Bandung.
Example 468x60

KabarSunda.com — Komunitas Hong di Kota Bandung memiliki peran penting dalam melestarikan beragam permainan tradisional di tengah dominasi permainan modern yang semakin merajalela. Dengan koleksi mencapai 240 jenis permainan tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung, komunitas ini tidak hanya menjadi pengawal keberadaan warisan budaya berharga, tetapi juga sebagai wadah untuk mengajarkan nilai-nilai edukatif kepada generasi muda.

Didirikan pada tahun 2003 dan aktif melakukan penelitian sejak 1996, Komunitas Hong beranggotakan 150 orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari 6 hingga 90 tahun. Anak-anak berperan sebagai aktor utama dalam permainan, sementara anggota dewasa terlibat sebagai narasumber dan pembuat permainan.

Example 300x600

Tempat mereka di Jalan Bukit Pakar Utara No. 26, Ciburial, Cimenyan, bukan hanya sekadar tempat berkumpul, tetapi juga pakarangan ulin (pekarangan bermain) yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk belajar sambil bermain. Inisiatif ini tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada masyarakat, tetapi juga membantu menjaga warisan berharga agar tetap relevan di era modern ini.

Komitmen Komunitas Hong dalam melestarikan permainan rakyat tidak hanya tentang mempertahankan tradisi, tetapi juga tentang menyampaikan nilai-nilai penting seperti pengenalan akan identitas, lingkungan, dan spiritualitas kepada anak-anak. Dengan demikian, mereka berperan sebagai penjaga dan pengemban nilai-nilai kearifan lokal yang semakin langka di tengah arus perkembangan teknologi modern.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *