Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Kick Off Penilaian SPBE, Pemkot Bandung Targetkan Indeks Kematangan 4,5

14
×

Kick Off Penilaian SPBE, Pemkot Bandung Targetkan Indeks Kematangan 4,5

Share this article
Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyatakan bahwa pada tahun 2023, indeks kematangan SPBE Kota Bandung mencapai 3,98 atau kategori sangat baik.
Example 468x60

KabaraSunda.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menetapkan target untuk meningkatkan Indeks Kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi 4,5 pada tahun 2024, dengan predikat memuaskan pada penilaian yang akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyatakan bahwa pada tahun 2023, indeks kematangan SPBE Kota Bandung mencapai 3,98 atau kategori sangat baik. Oleh karena itu, Hikmat berharap agar pada penilaian tahun 2024, indeks kematangan SPBE Kota Bandung dapat meningkat lagi.

Example 300x600

Dalam pembukaan Kick Off penilaian SPBE Kota Bandung Tahun 2024 di Ruang Meeting Asep Stroberi, Kota Bandung, pada Selasa (4/6/2024), Hikmat menjelaskan bahwa SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Dia menekankan pentingnya penyederhanaan integrasi aplikasi, sementara meminta perangkat daerah untuk menghentikan pembuatan aplikasi baru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana, menyatakan bahwa SPBE Kota Bandung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kota Bandung berhasil meningkatkan skor SPBE dari tahun 2021 hingga 2023.

Namun, Yayan menyoroti bahwa meskipun ada empat domain yang sudah memiliki skor memuaskan, yaitu kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan, tetapi masih perlu ditingkatkan.

Dengan kolaborasi dan sinergi seluruh perangkat daerah, Kota Bandung berharap dapat mencapai indeks kematangan SPBE yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini menjadi motivasi untuk memperbaiki fondasi SPBE sebagai bagian dari visi Kota Bandung sebagai smart city.

Yayan berharap melalui pengembangan ini, SPBE di Kota Bandung dapat menjadi lebih efektif dan efisien, serta memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *