Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Keluarga Korban Tewas Tertabrak Mobil di Cimahi dapat Santunan, Dicky Saromi Sampaikan Hal Ini

15
×

Keluarga Korban Tewas Tertabrak Mobil di Cimahi dapat Santunan, Dicky Saromi Sampaikan Hal Ini

Share this article
Keluarga Korban yang Tewas saat Tertabrak Mobil di Cimahi dapat Santunan.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kampung Adat Cireundeu, Senin (10/6/2024), Pj Walikota Cimahi Dicky Saromi bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Ahmad Feisal Santoso, menyerahkan santunan kepada ahli waris Tri Purnama Sari, seorang tenaga kerja Non-ASN di Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Tri, yang merupakan petugas kebersihan, mengalami kecelakaan tragis saat membersihkan jalan di daerah Cibabat.

Santunan yang diberikan berjumlah Rp196.138.240, ditambah beasiswa untuk dua orang anak almarhumah hingga perguruan tinggi. “Kami turut berduka cita, dan berharap santunan dari BPJS Ketenagakerjaan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membantu perekonomian keluarga dari almarhumah,” ucap Dicky Saromi.

Example 300x600

Tri Purnama Sari telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak November 2023. Keikutsertaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan memastikan perlindungan bagi pekerja dari rumah ke tempat kerja, selama bekerja, hingga kembali ke rumah. Jika terjadi kecelakaan kerja, pengobatan akan ditanggung tanpa batasan biaya, dan jika pekerja meninggal dunia, ahli waris akan menerima santunan.

Ahmad Feisal Santoso menegaskan pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya untuk karyawan perusahaan tetapi juga untuk pekerja mandiri seperti tukang ojek, marbot masjid, juru parkir, dan petani. “BPJAMSOSTEK ini sangat penting, mendasar, dan pastinya sangat bermanfaat karena manfaatnya jumlahnya sangat besar dibanding iuran yang dibayarkan,” ujar Feisal.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki lima program perlindungan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Pekerja mandiri atau Bukan Penerima Upah (BPU) hanya perlu membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan untuk mendapatkan perlindungan JKK dan JKM.

Feisal juga memperkenalkan program “SERTAKAN” (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda) yang memungkinkan masyarakat untuk mendaftarkan pekerja mandiri di sekitar mereka melalui aplikasi JMO, sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap pekerja sekitar. “Kami akan terus aktif, bekerja keras untuk memberikan informasi terkait manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan ke seluruh lapisan masyarakat pekerja agar para pekerja bisa bebas cemas dalam bekerja,” tutupnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *