Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Jari Komunal Adakan FGD Penulisan di MPP Garut

12
×

Jari Komunal Adakan FGD Penulisan di MPP Garut

Share this article
Jari Komunal Gelar FGD Untuk Tingkatkan Kompetensi Menulis ASN Garut.
Example 468x60

KabarSunda.com — Jaringan Koordinasi dan Komunikasi Jabatan Fungsional (Jari Komunal) menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait dasar penulisan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (12/6/2024).

Fungsional Analis Kebijakan – Ahli Madya, Nani Rohaeni, menjelaskan bahwa Jari Komunal merupakan inisiasi ASN JF (Jabatan Fungsional) di lingkungan Pemkab Garut. Sejak terbentuk pada tahun 2018, komunitas ini telah mengadakan berbagai kegiatan, termasuk seminar yang dihadiri oleh 360 peserta, jauh melebihi target awal 100 peserta.

Example 300x600

Nani menyatakan bahwa Jari Komunal kini berencana mengadakan workshop untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta. Ia berharap ASN Non JF juga dapat ikut serta, sehingga seluruh ASN di lingkungan Pemkab Garut memiliki kemampuan menulis yang baik.

“Kemampuan menulis ini penting untuk mendorong ASN berkarya dalam kinerjanya di SKPD masing-masing, dengan tulisan yang bisa dipublikasikan baik di media pemerintah maupun media massa lainnya,” lanjutnya.

Nani juga mengungkapkan banyaknya permintaan pelatihan penulisan karya ilmiah dari JF. Menurutnya, tidak semua orang mampu menulis karya ilmiah.

“Membuat karya ilmiah itu biasanya perencana, peneliti, dan analis kebijakan, juga hukum ya, itu JF hukum biasanya harus karya ilmiah,” ucapnya.

FGD ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi JF di Pemkab Garut sebagai jabatan karir yang sangat dibutuhkan oleh pemerintahan. Ia berharap, melalui workshop ini, seluruh ASN dapat menuangkan pikiran dan pendapatnya dalam bentuk tulisan, serta mendorong Pemkab Garut menghasilkan ide-ide cemerlang dari ASN.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Margiyanto, menyambut positif kegiatan yang digagas oleh komunitas Jari Komunal. Menurut Margiyanto, kegiatan ini merupakan ide segar untuk meningkatkan kompetensi ASN di Pemkab Garut.

“Saya pikir rugi buat siapapun kalau tidak berupaya meningkatkan kompetensinya, di tengah langkah pemerintah untuk terus mengembangkan kompetensi aparatur sipil negara,” ujar Margiyanto.

Ia berharap, Jari Komunal dapat terus konsisten melaksanakan kegiatan semacam ini. Margiyanto menekankan bahwa pengembangan kompetensi yang dilakukan secara serius dan berkelanjutan akan membuahkan hasil yang diinginkan.

“Itu pasti akan kita siapkan (dukungan), apapun yang dibutuhkan oleh jajaran pemerintahan di Kabupaten Garut ini, sepanjang memang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan insha Allah akan kita siapkan,” tegasnya.

Rencananya, Workshop Penulisan akan digelar dalam empat batch, mulai dari teknik dasar penulisan, praktik individu dan kelompok, hingga menjadi produk tulisan yang siap dipublikasikan di berbagai kanal media.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *