Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Jabar Susun Roadmap Penanaman Modal untuk Kondusivitas Investasi

10
×

Jabar Susun Roadmap Penanaman Modal untuk Kondusivitas Investasi

Share this article
Pemprov Jabar terus mendorong terciptanya iklim usaha daerah yang kondusif untuk penguatan daya saing perekonomian dan mempercepat peningkatan investasi.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus menciptakan iklim usaha yang kondusif guna memperkuat daya saing ekonomi dan mempercepat peningkatan investasi. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Nining Yuliastiani, menyatakan bahwa upaya ini dilaksanakan melalui lima langkah strategis.

Langkah-langkah tersebut mencakup peningkatan inovasi, peningkatan kualitas investasi, dan penyusunan roadmap penanaman modal. “Dalam penyusunan roadmap penanaman modal, ada lima langkah strategis yang akan kami laksanakan,” ungkapnya di Bandung, Kamis (6/6/2024). Pertama, optimalisasi berbagai sumber daya yang dimiliki Jawa Barat melalui investasi yang tepat. Kedua, roadmap juga memuat rencana aksi peningkatan investasi di Jawa Barat. Ketiga, roadmap harus mencakup potensi investasi di 27 kabupaten/kota.

Example 300x600

Keempat, pihaknya memetakan hilirisasi industri strategis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas investasi di Jawa Barat. Kelima, memperhatikan pemberian fasilitas, kemudahan, dan/atau insentif. “Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mengembangkan iklim investasi yang kondusif dan progresif,” tegasnya.

Dikutip dari bisnis.com, Nining sangat mengharapkan adanya kolaborasi dan sinergi yang berkelanjutan dengan pihak industri, guna memperkuat ekosistem investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta berkelanjutan. “Kerja sama ini diharapkan tidak hanya meningkatkan daya tarik investasi tetapi juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Nining Yuliastiani menyebutkan bahwa pada 2024 target investasi nasional mencapai Rp1.650 triliun, dan Jawa Barat akan memperoleh sekitar 14-15% dari total tersebut. Ini setara dengan Rp247 triliun hingga Rp250 triliun untuk target tahun 2024. Meski menghadapi tahun politik, pihaknya tetap optimistis target besar ini dapat dicapai melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan kabupaten/kota. “Kami tetap optimis dengan upaya-upaya yang bersinergi dan berkolaborasi,” ujarnya.

Menurut Nining, target besar sulit dicapai jika kolaborasi dan komunikasi dengan berbagai pihak tidak dijalankan. “Kami dapat mengidentifikasi potensi investasi di Jabar karena tidak hanya menggali potensi dan melakukan promosi, tetapi juga melakukan pengawasan terhadap realisasinya,” jelasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *