Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Investasi Jabar: Menuju Transformasi Menuju Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan dan Inklusif

8
×

Investasi Jabar: Menuju Transformasi Menuju Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan dan Inklusif

Share this article
Sekda Herman Suryatman Dorong Investasi Berdampak Nyata terhadap Kesejahteraan Masyarakat Jabar.
Example 468x60

KabarSunda.com — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dr. H. Herman Suryatman, M.Si., mendorong transformasi paradigma investasi di Jabar. Transformasi ini bertujuan untuk memaksimalkan dampak positif investasi terhadap kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dan inklusif. Hal ini disampaikannya dalam apel pagi dan rapat koordinasi dengan jajaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jabar di Kota Bandung, Senin (10/6/2024).

Herman Suryatman, dalam kapasitasnya sebagai pemimpin tertinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar, menekankan pentingnya transisi dari paradigma investasi yang berfokus pada kuantitas volume menjadi paradigma yang berpusat pada dampak positif terhadap kehidupan masyarakat. “Investasi bukan sekadar tentang mengejar angka realisasi, namun bagaimana melahirkan multiplier effect yang nyata bagi rakyat Jabar,” tegasnya.

Example 300x600

Lebih lanjut, Herman Suryatman memaparkan strategi konkrit untuk mencapai visi tersebut, yang terbagi dalam tiga pilar utama:

1. Investasi Inklusif:

  • Prioritas pada Sektor Penyerap Tenaga Kerja: Manufaktur, pariwisata, dan ekonomi kreatif menjadi sektor unggulan yang didorong untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal.
  • Fasilitasi UMKM: Kemudahan perizinan dan akses permodalan akan diberikan untuk mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM di Jabar.
  • Partisipasi Masyarakat Lokal: Skema kepemilikan saham, transfer teknologi, dan keterlibatan aktif dalam proyek investasi akan dioptimalkan untuk memaksimalkan manfaat bagi masyarakat lokal.

2. Investasi Berkelanjutan:

  • Energi Ramah Lingkungan: Investasi di sektor energi terbarukan dan ramah lingkungan akan dipromosikan untuk mendukung transisi energi hijau dan kelestarian alam.
  • Pelestarian Alam: Keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan kelestarian alam Jabar akan dijaga dengan cermat.
  • Tata Kelola Perusahaan yang Baik: Penerapan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) dan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) oleh para investor akan diwajibkan.

3. Kolaborasi Multi-Pihak:

  • Koordinasi Antar Instansi: Sinergi antar instansi pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, akan diperkuat untuk kelancaran pelaksanaan program investasi.
  • Melibatkan Berbagai Pihak: Sektor swasta, akademisi, dan masyarakat sipil akan dilibatkan secara aktif dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan program investasi.
  • Komunikasi Terbuka dan Transparan: Masyarakat akan diberikan informasi yang jelas dan terbuka terkait rencana investasi di wilayah mereka, sehingga terciptanya rasa saling percaya dan dukungan.

Herman Suryatman mencontohkan beberapa proyek investasi di Jabar yang telah menunjukkan dampak positif terhadap masyarakat, seperti Kawasan Industri Jababeka, Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Subang. Ketiga proyek ini telah terbukti menyerap banyak tenaga kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menyadari peran krusial DPMPTSP Jabar dalam mewujudkan visi investasi yang berkelanjutan dan inklusif, Herman Suryatman memberikan instruksi tegas kepada jajarannya untuk:

  • Penyederhanaan Proses Perizinan: Proses perizinan investasi harus disederhanakan dan ditingkatkan efisiensinya untuk menarik lebih banyak investor.
  • Penjaringan Investor Aktif: DPMPTSP Jabar harus proaktif dalam menjaring investor potensial, baik domestik maupun asing, melalui berbagai strategi promosi dan pemasaran.
  • Monitoring dan Evaluasi: Sistem monitoring dan evaluasi yang efektif harus dibangun untuk memastikan investasi berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Komitmen kuat dari Herman Suryatman dan Nining Yuliastiani, Kepala DPMPTSP Jabar, untuk mewujudkan visi investasi Jabar yang berkelanjutan dan inklusif patut diapresiasi. Upaya mereka diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata, membuka lapangan kerja baru, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Jabar. Pencapaian tujuan mulia ini membutuhkan kerjasama dan sinergi dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Bersama-sama, Jabar dapat melangkah maju menuju masa depan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan bagi semua.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *