Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

IBM dan Red Hat Bentuk Komunitas AI Open Source InstructLab, Apa Fungsinya?

10
×

IBM dan Red Hat Bentuk Komunitas AI Open Source InstructLab, Apa Fungsinya?

Share this article
Ilustrasi AI
Example 468x60

KabarSunda.com — Peluncuran ChatGPT memicu ketertarikan banyak perusahaan terhadap Generative AI (GenAI). Perusahaan-perusahaan mulai beralih dari penilaian awal layanan GenAI ke fase pengembangan aplikasi dengan AI.

Untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (AI) yang lebih maju, IBM dan Red Hat berkolaborasi meluncurkan InstructLab, sebuah komunitas open source yang berfokus pada metode Large-scale Alignment for chatBots (LAB) dan model Granite open source dari IBM.

Example 300x600

DIkutp dari liputan6.com, Proyek InstructLab bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan large language model (LLM) atau model dasar yang memungkinkan AI memahami dan menghasilkan teks bahasa manusia. Pengembang diundang untuk berkontribusi dalam menciptakan, mengembangkan, dan memperluas proyek open source ini.

Dengan menggunakan alignment tools dari InstructLab, model Granite, dan Red Hat Enterprise Linux AI (RHEL AI), Red Hat memberikan manfaat dari proyek open source berupa akses gratis yang dapat digunakan kembali.

Sebagai bagian dari peluncuran InstructLab, IBM juga merilis satu paket Granite, sebuah code model berbahasa Inggris berbasis open source. Model ini diluncurkan di bawah lisensi Apache dengan transparansi pada dataset yang digunakan untuk melatihnya.

Model Granite 7B telah diintegrasikan ke dalam komunitas InstructLab. Pengguna akhir dapat menyumbangkan keahlian dan pengetahuan mereka untuk menyempurnakan model tersebut secara kolektif, seperti yang dilakukan dalam proyek open source lainnya. Dukungan yang sama untuk code model Granite di InstructLab akan segera tersedia.

Menyederhanakan Penggunaan AI

RHEL AI mengembangkan pendekatan terbuka berbasis inovasi AI, menggabungkan proyek InstructLab versi enterprise-ready dan model Granite dengan platform Linux enterprise untuk menyederhanakan penggunaan di semua lingkungan infrastruktur hybrid.

Tujuannya adalah menciptakan platform foundation model guna membawa GenAI berlisensi open source ke enterprise RHEL AI, yang mencakup:

  • Bahasa dan code model Granite berlisensi open source yang didukung dan dilindungi oleh Red Hat.
  • Distribusi InstructLab yang didukung dan di-lifecycled, menyediakan solusi yang skalabel dan hemat biaya untuk meningkatkan kemampuan LLM serta memungkinkan lebih banyak orang menyumbangkan ilmu dan keterampilan mereka.
  • Runtime instance model yang dapat di-boot dan dioptimalkan dengan model Granite dan paket tooling InstructLab sebagai RHEL image, termasuk runtime libraries Pytorch yang dioptimalkan dan akselerator untuk kerangka kerja AMD Instinct MI300X, Intel dan NVIDIA GPUs, serta NeMo.
  • Dukungan enterprise dan jaminan lifecycle terlengkap dari Red Hat, dimulai dengan distribusi produk enterprise paling tepercaya, dukungan produksi 24×7, dan dukungan lifecycle jangka panjang.

Cloud Bersifat Hybrid, Begitu juga AI

Selama lebih dari 30 tahun, teknologi open source telah menggabungkan inovasi yang pesat dengan penghematan biaya IT yang besar serta mengurangi hambatan inovasi. Red Hat telah memimpin perubahan ini sejak lama, mulai dari menyediakan platform Linux enterprise yang terbuka dengan RHEL pada awal 2000-an, hingga mendorong container dan Kubernetes sebagai landasan open hybrid cloud dan komputasi cloud-native dengan Red Hat OpenShift.

Dorongan ini terus berlanjut dengan Red Hat yang memberdayakan strategi AI/ML di semua open hybrid cloud, memungkinkan beban kerja AI berjalan di mana data berada, baik di pusat data, di beberapa public cloud, atau di edge.

Lebih dari sekadar beban kerja, visi Red Hat untuk AI membawa pelatihan model dan tuning ke jalur yang sama untuk mengatasi batasan seputar kedaulatan data, kepatuhan, dan integritas operasional dengan lebih baik.

Konsistensi platform Red Hat di berbagai lingkungan tersebut sangat penting untuk menjaga keberlanjutan inovasi AI. RHEL AI dan komunitas InstructLab semakin memenuhi visi tersebut, mendobrak banyak penghalang untuk bereksperimen dan mengembangkan model AI, serta menyediakan tools, data, dan konsep yang dibutuhkan untuk mendorong gelombang beban kerja cerdas berikutnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *