Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

HJB ke-542, Masyarakat Antusias Nikmati Layanan Vaksinasi Hewan Gratis

15
×

HJB ke-542, Masyarakat Antusias Nikmati Layanan Vaksinasi Hewan Gratis

Share this article
Masyarakat Antusias Nikmati Layanan Vaksinasi Hewan Gratis Yang Diselenggarakan Pemkab Bogor.
Example 468x60

KabarSunda.com — Peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan hewan semakin terasa di tengah masyarakat Kabupaten Bogor. Sebagai wujud kepedulian terhadap hewan peliharaan yang menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, antusiasme yang tinggi terlihat jelas ketika masyarakat berbondong-bondong memanfaatkan layanan vaksinasi hewan gratis yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Bogor melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor.

Acara vaksinasi hewan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, yang diselenggarakan di Puskesmas Hewan (Puskeswan) Wilayah IV Kabupaten Bogor, Laladon Kecamatan Ciomas, pada Senin (3/6/2024).

Example 300x600

Kepala Puskesmas Hewan Wilayah IV Kabupaten Bogor, Irmawati, menyampaikan rasa syukur atas respon positif masyarakat terhadap layanan vaksinasi hewan gratis ini. Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antara pemilik hewan dengan pihak terkait, serta memperhatikan kesehatan hewan peliharaan secara lebih menyeluruh.

Ia juga menginformasikan bahwa layanan vaksinasi rabies tidak hanya tersedia pada hari tertentu, tetapi juga dapat diakses pada hari kerja dari Senin hingga Jumat, mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Titik Herawati, selaku Kasubag TU dan Dokter Hewan Penanggung Jawab Puskesmas Hewan Wilayah IV Kabupaten Bogor, menekankan pentingnya vaksinasi Rabies sebagai langkah preventif untuk mencegah penyakit Rabies pada hewan. Proses vaksinasi ini melibatkan anjing, kucing, dan musang sebagai hewan-hewan yang dijadwalkan untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit mematikan tersebut.

Selain itu, hewan qurban pun turut dimasukkan dalam agenda vaksinasi ini, dengan pelayanan jemput bola yang dilakukan di lapak dan peternakan wilayah IV Kabupaten Bogor.

Sebelum hewan mendapatkan vaksinasi Rabies, mereka harus melewati tahap pemeriksaan yang cermat. Mulai dari penimbangan berat badan, pengukuran suhu tubuh, hingga verifikasi kesehatan secara menyeluruh.

Hanya hewan-hewan yang dinyatakan sehat dan memenuhi syarat yang berkualitas untuk menjalani vaksinasi Rabies. Vaksinasi ini hanya dapat diberikan pada hewan dengan usia minimal tiga bulan, sebagai usia yang dianggap layak untuk menerima perlindungan vaksin.

Harapan dari penyelenggara acara dan masyarakat sekitar adalah adanya peningkatan kesadaran kolektif akan pentingnya kesehatan hewan, khususnya dalam mencegah penyakit Rabies yang dapat membahayakan nyawa hewan maupun manusia. Melalui layanan vaksinasi Rabies gratis ini, diharapkan masyarakat semakin memahami bahwa kesehatan hewan juga memiliki peran penting dalam keseluruhan ekosistem kehidupan.

Konsep “one health” yang diterapkan dalam pelayanan kesehatan hewan ini mencerminkan kesadaran akan hubungan erat antara kesejahteraan manusia dan hewan.

Dukungan serta apresiasi dari masyarakat Kecamatan Dramaga, seperti yang disampaikan oleh Arya, menunjukkan bahwa program vaksinasi hewan gratis sangat diapresiasi dan dianggap sebagai langkah positif dalam meningkatkan kesehatan hewan peliharaan. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, Kabupaten Bogor bisa terus maju dalam penyediaan fasilitas kesehatan hewan yang lebih berkualitas.

Keselamatan dan kesehatan hewan peliharaan bukan hanya tanggung jawab individu, namun juga menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat dan aman bagi semua makhluk yang mendiaminya.

Tutupan pembukaan layanan vaksinasi hewan gratis ini merupakan langkah awal yang positif dalam membangun kesadaran kolektif akan pentingnya kesehatan hewan dalam masyarakat.

Semoga kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan dan diperluas cakupannya, sehingga lebih banyak hewan-hewan yang dapat mendapatkan perlindungan kesehatan yang layak. Acara ini juga menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kita semua bahwa kesehatan hewan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan harmonis.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *