Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

HARSIARDA 2024, Sekda Herman: Penyiaran Berkeadilan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat Diterbitkan Sabtu, 8 Juni 2024

11
×

HARSIARDA 2024, Sekda Herman: Penyiaran Berkeadilan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat Diterbitkan Sabtu, 8 Juni 2024

Share this article
Sekda Herman saat menghadiri acara Broadcasting Expo yang merupakan rangkaian Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) Tingkat Provinsi Jabar
Example 468x60

KabarSunda.com — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, menegaskan bahwa penyiaran harus memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat melalui penyebaran informasi dan konten yang berkualitas.

Pernyataan tersebut disampaikan Herman saat menghadiri acara Broadcasting Expo, bagian dari rangkaian Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diadakan di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Sabtu (8/6/2024).

Example 300x600

“Dalam penyiaran, ada informasi dan pesan yang disampaikan, yang esensinya harus memberikan literasi kepada masyarakat,” ungkap Herman.

Herman juga menyatakan bahwa penyiaran di Jawa Barat harus adil dan proporsional. Konten yang disiarkan oleh lembaga penyiaran harus mampu memenuhi kebutuhan informasi semua kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia.

“Kita masih menghadapi masalah seperti tingginya angka stunting, pengangguran, dan fenomena bank emok. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah literasi dan pemahaman masyarakat,” kata Herman.

“Oleh karena itu, ini adalah tugas bersama, termasuk lembaga penyiaran untuk mengedukasi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada televisi, radio; jika kita semua bergerak bersama, kita bisa mengedukasi masyarakat,” tambahnya.

Herman berharap Harsiarda tahun ini menjadi momentum bagi lembaga penyiaran untuk menyampaikan konten dan informasi yang bermanfaat, sekaligus memperkuat literasi masyarakat.

“Kesejahteraan masyarakat adalah hal fundamental yang menjadi prioritas kami di Pemda Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Amin Shabana, sependapat dengan Herman. Menurutnya, target pembangunan dapat tercapai dengan dukungan semua pihak, termasuk lembaga penyiaran. Jawa Barat, sebagai miniatur industri penyiaran nasional, memiliki peran strategis dalam hal ini.

“Lembaga penyiaran memiliki posisi strategis untuk memberikan sosialisasi dan kampanye kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami dari KPI Pusat sangat mengapresiasi langkah KPID Jabar yang selalu terdepan dalam menginisiasi hal-hal terkait kepentingan publik dalam industri penyiaran,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet, mengatakan bahwa tema Harsiarda Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat adalah “Penyiaran Berkeadilan”. Dengan tema tersebut, pihaknya menginventarisir kebutuhan masyarakat Jawa Barat dalam konteks penyiaran.

Adiyana juga menyebut bahwa pada peringatan Harsiarda tahun lalu, telah diluncurkan Pasagi atau Pengawasan Media Digital untuk melindungi masyarakat Jawa Barat dari malinformasi di dunia digital.

“KPID Jabar terus menggaungkan pentingnya negara untuk tidak kalah dalam menyelamatkan masyarakat dari penguasaan kedaulatan digital oleh platform-platform global,” katanya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *