Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Hadirkan Generasi Sehat Bebas Asap Rokok: Komitmen Pemkot Bandung Implementasikan Kawasan Tanpa Rokok

14
×

Hadirkan Generasi Sehat Bebas Asap Rokok: Komitmen Pemkot Bandung Implementasikan Kawasan Tanpa Rokok

Share this article
Sekretaris Dinas Kesehatan Soni Adam pelaksanaan peringatan hari tanpa sembako sedunia tahun 2024 tingkat kota Bandung dihadiri oleh sekitar 500 orang dari berbagai unsur.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pemerintah Kota Bandung bertekad mengimplementasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) guna menciptakan kota sehat bebas asap rokok, serta mendukung Kota Bandung sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi dan komitmen implementasi KTR pada Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Taman Dewi Sartika, Jumat, 31 Mei 2024.

Example 300x600

Kota Bandung telah lama menerapkan KTR melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2021 tentang kawasan tanpa rokok. Sebagai bentuk pengawasan, satuan tugas KTR Kota Bandung melaksanakan pengawasan berjenjang dan berkelanjutan pada semua tatanan yang harus menerapkan KTR di wilayahnya.

Dikutip dari infobandungkota.com, Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyatakan bahwa kebijakan pengendalian tembakau di Kota Bandung melalui implementasi KTR harus terus ditingkatkan. Terutama di fasilitas kesehatan, tempat belajar mengajar, tempat bermain anak, dan transportasi umum.

“Kegiatan ini memiliki arti dan makna yang strategis. Kita sedang mengurangi emisi karbon di Kota Bandung. Ini akan mewariskan udara bersih dari berbagai sumber polusi, termasuk asap rokok,” kata Hikmat.

Pencanangan KTR ini juga merupakan upaya membangun komitmen berbagai pihak akan pentingnya pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang bertujuan menghadirkan generasi sehat dan mengurangi paparan asap rokok bagi anak-anak.

“Hari ini kita mencanangkan KTR dan tentunya bisa mewujudkan kawasan yang akan bermanfaat maksimal,” ujarnya.

Hikmat mendorong seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bandung menjadi teladan dalam penerapan KTR.

“ASN harus menjadi Ushwatun Hasanah, teladan dalam praktek baik. Praktek baik ini bisa ditularkan kepada yang lain,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan, Soni Adam, menyebutkan bahwa peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tingkat Kota Bandung tahun 2024 dihadiri sekitar 500 orang dari berbagai unsur.

“Peringatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya produk tembakau bagi masyarakat dan lingkungan sehingga dapat meminimalisir jumlah perokok,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tembakau berdampak buruk terutama bagi anak-anak. Beberapa survei menunjukkan peningkatan jumlah perokok pada usia anak yang memerlukan perhatian khusus.

Saat ini, kasus penyakit tidak menular bergeser ke usia lebih muda, salah satu faktornya adalah kebiasaan merokok.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *