Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Hadapi Kesempatan dan Tantangan di Era Digital, Kominfo Sasar Gen Alpha di Indramayu

8
×

Hadapi Kesempatan dan Tantangan di Era Digital, Kominfo Sasar Gen Alpha di Indramayu

Share this article
Hadapi Kesempatan dan Tantangan di Era Digital, Kominfo Sasar Gen Alpha di Indramayu. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan Chip-In di acara Festival Marching Band Indramayu, yang diikuti oleh siswa SD dan SMP di Kabupaten Indramayu.

Kemenkominfo berupaya meningkatkan pemahaman tentang Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital melalui kegiatan ini. Dilaksanakan secara luring, acara ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Indramayu, disajikan dalam bentuk Talkshow dengan tema “Welcoming Gen Alpha: Chance and Challenge in Digital Era” pada Minggu, 23 Juni 2024 pukul 08.00-12.00.

Example 300x600

Acara yang dihadiri oleh ribuan peserta ini memfokuskan materi pada keamanan dan etika digital, sebagai bagian dari upaya meningkatkan tingkat Literasi Digital bagi 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Berdasarkan hasil survei, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dibandingkan tahun 2021. Tiga pilar menunjukkan peningkatan: Pilar 1 (Digital Skill) naik 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Namun, Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan signifikan dari tahun sebelumnya.

Secara umum, urutan pada setiap indikator tetap sama meskipun terdapat kecenderungan penurunan pada indikator teratas. Misalnya, penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung turun dari 3,82 pada tahun 2021 menjadi 3,81 pada tahun 2022. Sebaliknya, indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan. “Keterbiasaan mencari tahu kebenaran informasi di website naik dari 3,05 pada tahun 2021 menjadi 3,25 pada tahun 2022,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, dalam keterangan yang diterima, Jumat (21/6/2024).

“Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, pengetahuan responden mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya,” tambahnya. Pengetahuan tentang perangkat keras menurun dari 49% yang menjawab benar menjadi 42%. Pengetahuan tentang perangkat lunak juga menurun dari 48% yang menjawab benar menjadi 45%.

Kegiatan Literasi Digital di sektor pendidikan merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo, bertujuan memberikan literasi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Kegiatan Chip-In ini diisi oleh para ahli di bidangnya. Materi Etika Digital disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Drs. Aan Hendrajana, M.M.Si. Materi Cakap di Dunia Digital diisi oleh Ismita Putri, Direktur PT Cipta Manusia Indonesia dan Founder Kaizen, sementara materi Budaya Digital dibawakan oleh H. Caridin, S.Pd, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *