Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Guru PPPK dan PNS Banjir Tunjangan, TPG ke-13 Cair Tanpa Potongan

6
×

Guru PPPK dan PNS Banjir Tunjangan, TPG ke-13 Cair Tanpa Potongan

Share this article
Ilustrasi guru yang sedang mengajar di sekolah dasar (SD).
Example 468x60

KabarSunda.com — Para guru PPPK dan PNS saat ini mendapatkan berbagai tunjangan tambahan, termasuk gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR), serta Tunjangan Profesi Guru (TPG) ke-13. Hal ini memberikan keuntungan signifikan bagi para guru yang telah memiliki sertifikat pendidik (serdik).

Ketua Perkumpulan Pendidikan dan Guru (P2G) Kabupaten Blitar, Sri Haryati, menjelaskan bahwa para guru PPPK dengan serdik mendapatkan tunjangan ganda, yakni gaji ke-13 dan THR, serta TPG ke-13 dan TPG THR. Meskipun sebelumnya TPG ke-13 dan TPG THR baru diberikan sebesar 50 persen dari gaji pokok (gapok), kebijakan ini telah diterapkan sejak tahun 2023.

Example 300x600

Sri Haryati, mantan guru honorer K2, juga menekankan bahwa kebijakan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan para guru. Dia mendorong guru-guru yang belum memiliki sertifikat pendidik untuk segera mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) agar bisa menikmati tunjangan tambahan ini.

Saat ini, proses pencairan TPG ke-13 telah dimulai di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Tuban untuk guru PAI tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Mereka diminta untuk menyusun dokumen persyaratan pencairan dan menyerahkannya ke Seksi PAIS Kementerian Agama setempat.

Namun demikian, di beberapa daerah seperti Kabupaten Blitar dan Sumatera Selatan, waktu pencairan TPG ke-13 dan TPG THR masih belum jelas. Usulan untuk pencairan telah diajukan, tetapi masih menunggu kepastian dari pihak terkait.

Pengalaman Sri Haryati menunjukkan harapannya agar tahun ini pencairan dapat dilakukan tanpa harus menunggu terlalu lama, seperti yang terjadi sebelumnya di Kabupaten Tuban yang harus menunggu hingga tahun berikutnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *