Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

DKPP Kota Bandung Periksa Lebih dari 11.000 Hewan Kurban untuk Pastikan Kesehatan dan Kelaikan

12
×

DKPP Kota Bandung Periksa Lebih dari 11.000 Hewan Kurban untuk Pastikan Kesehatan dan Kelaikan

Share this article
Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung telah melakukan pemeriksaan antemortem terhadap lebih dari 11.000 hewan kurban dari 196 lokasi penjualan hewan kurban. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kelaikan hewan kurban menjelang Idul Adha.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefullah, menjelaskan bahwa setiap hewan yang lolos pemeriksaan akan diberi label berupa kalung sehat yang dilengkapi dengan barcode. Barcode ini berisi data hewan kurban dan dapat dipindai melalui aplikasi e-Selamat untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tentang hewan kurban.

Example 300x600

“Barcode tersebut berisi data hewan kurban untuk memudahkan masyarakat Kota Bandung dalam mencari hewan kurban. Satu hewan, satu barcode kita lengkapi dengan foto hewannya,” kata Wilsandi dalam acara Bandung Menjawab di Balai Kota, Kamis (13/6/2024).

Dari hasil pemeriksaan, DKPP menemukan bahwa sebagian besar hewan kurban adalah domba (sekitar 8.000 ekor), diikuti sapi (sekitar 2.000 ekor), dan kambing (150 ekor). Tidak ditemukan hewan yang terjangkit penyakit menular seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau penyakit menular lainnya. Hanya ditemukan hewan yang sakit akibat adaptasi dalam perjalanan.

“Untuk kesehatan, kita periksa semua apakah ada penyakit. Alhamdulillah belum ditemukan penyakit yang berdampak luas, hanya penyakit karena perjalanan,” ujarnya.

Hewan yang sakit akan dipisahkan dan dirawat hingga sembuh. Setelah sembuh, hewan tersebut akan diperiksa kembali dan diberi label kalung jika dinyatakan sehat. Hewan yang tidak layak secara syariah akan direkomendasikan untuk dikembalikan ke daerah asal.

Proses pemeriksaan hewan kurban telah berlangsung sejak 28 Mei 2024 dan akan berakhir pada 19 Juni 2024. Wilsandi mengimbau masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih hewan kurban dengan memastikan hewan tersebut telah diperiksa dan diberi label barcode oleh DKPP Kota Bandung.

“Secara umum, ciri-ciri hewan yang sehat yakni matanya bersih bersinar, area pembuangan tidak ada bercak menempel, kotorannya kering, tidak ada luka besar, secara fisik tidak cacat, dan tidak pincang,” jelasnya.

Dengan adanya pemeriksaan dan labelisasi ini, DKPP Kota Bandung berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memilih hewan kurban yang sehat dan layak, serta memastikan kualitas hewan kurban di Kota Bandung.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *