Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

DKPP Jabar Temukan 1.200 Hewan Kurban Tidak Layak Sembelih

10
×

DKPP Jabar Temukan 1.200 Hewan Kurban Tidak Layak Sembelih

Share this article
Ilustrasi sapi hewan kurban. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Sebanyak 1.200 ekor hewan kurban di Jawa Barat dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk disembelih lantaran belum cukup umur. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar menjelang Iduladha.

Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar, Supriyanto, menyampaikan bahwa dari total 124.000 hewan yang diperiksa, 1.200 di antaranya dinyatakan tidak layak untuk dijadikan hewan kurban.

Example 300x600

“Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa 1,7 persen hewan kurban tidak layak disembelih, mayoritas disebabkan oleh faktor usia, bukan karena masalah kesehatan atau penyakit menular,” ujar Supriyanto di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang Kopo, Kota Bandung, Selasa (18/6).

Ia menambahkan, persentase hewan yang tidak layak tersebut sangat kecil dibandingkan dengan total hewan yang diperiksa. Meski demikian, Supriyanto tidak merinci jumlah hewan yang tidak layak pada tahun sebelumnya.

“Dari 1,7 persen itu, sekitar 1.200 ekor hewan dinyatakan tidak layak dari total 124.000 yang diperiksa, jumlahnya sangat sedikit,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, petugas DKPP Jabar juga memeriksa sapi titipan Presiden Joko Widodo yang telah disembelih di RPH Cirangrang Kopo. Sapi jenis simental dengan berat 1,13 ton ini dibeli dari peternak lokal asal Kota Bandung dan terpilih melalui seleksi ketat oleh Sekretariat Presiden (Setpres).

“Sapi Presiden melalui proses seleksi, setiap provinsi biasanya menyediakan sapi-sapi terbaik untuk dikurbankan oleh Presiden di wilayah masing-masing,” ungkap Supriyanto.

Tahun ini, Presiden Jokowi menitipkan sejumlah hewan kurbannya di beberapa tempat, termasuk Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Istana Cipanas, dan Masjid Raya Bandung. Sapi Presiden yang diberi nama Ragasa ini telah diperiksa secara menyeluruh dan dinyatakan layak untuk disembelih.

“Sapi berusia 5 tahun ini telah memenuhi semua kriteria kelayakan, termasuk kesehatan yang diperiksa melalui sampel laboratorium,” tandasnya.

Dengan adanya pemeriksaan ketat ini, diharapkan hewan kurban yang disembelih memenuhi syarat kesehatan dan kelayakan, memastikan kualitas daging kurban yang aman untuk dikonsumsi.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *