Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Diskuk Jawa Barat Luncurkan Program UMKM Naik Kelas di Garut

13
×

Diskuk Jawa Barat Luncurkan Program UMKM Naik Kelas di Garut

Share this article
Pelaksanaan _Kick Off_ UMKM Naik Kelas, yang dilaksanakan di Ciplaz Garut, Kecamatan Garut Kota.
Example 468x60

KabarSunda.com — Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat secara resmi meluncurkan Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Naik Kelas di Kabupaten Garut. Acara Kick Off UMKM Naik Kelas digelar di Ciplaz Garut, Kecamatan Garut Kota, dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Garut Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Nia Gania Karyana.

Program ini diikuti oleh 120 UMKM asal Garut yang akan menjalani pelatihan dan pendampingan intensif selama 8 bulan. Nia Gania Karyana menyampaikan harapannya agar program ini dapat meningkatkan skala usaha dari mikro menjadi kecil serta meningkatkan kompetensi UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar daerah dan luar negeri.

Example 300x600

“Dalam meningkatkan skala usaha, UMKM harus memperhatikan berbagai aspek, seperti izin usaha dan strategi pemasaran. Penting juga untuk memperoleh dukungan permodalan dari Bank Jabar (BJB) dan bimbingan pemasaran dari Dinas Koperasi dan Indag serta dinas terkait lainnya,” ujar Gania.

Ia juga berharap agar kolaborasi dengan berbagai _stakeholder_ terus berlangsung dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program ini.

Koordinator Daerah UMKM Naik Kelas, Hendro Sugiarto, menjelaskan bahwa tujuan utama program ini adalah meningkatkan skala usaha UMKM melalui kolaborasi antara pemerintah daerah dan _stakeholder_ lainnya.

Program ini akan berlangsung selama 8 bulan, dengan 1 pendamping untuk setiap 20 UMKM. Selain pendampingan, UMKM juga akan mengikuti kelas intensif setiap bulan.

“Ini merupakan upaya kolaboratif antara pemerintah daerah dengan _stakeholder_ lainnya. Setiap bulan, kami akan mengadakan kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan para UMKM, yang bisa dilaksanakan di berbagai tempat seperti Ciplaz, Aula BJB, atau kampus,” jelas Hendro.

Ia menambahkan bahwa program ini juga mencakup peningkatan kapasitas pelaku usaha dan pencocokan bisnis dengan target 3 kesepakatan: investasi, pembiayaan, dan kerjasama bisnis.

“Harapannya, setidaknya jika tidak mampu untuk naik dari kategori mikro ke kecil, para pelaku usaha dapat meningkatkan kapasitas dan skala usahanya,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *