Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaKesehatan

Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analisis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral

19
×

Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analisis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral

Share this article
Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia.
Example 468x60

KabarSunda.com — Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan Analisis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral bersama perangkat daerah. Acara ini berlangsung di Hotel Sakura Park, Deltamas Cikarang Pusat, pada Kamis (13/6/2024).

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan akhir dalam pengelolaan data statistik. Proses tersebut mencakup perencanaan, pengumpulan, pengolahan, pemeriksaan, hingga analisis dan diseminasi data.

Example 300x600

“Kami berharap melalui kegiatan ini, perangkat daerah dapat memilah dan memilih data yang ada, kemudian dianalisis. Untuk data yang bersifat publik bisa diseminasi atau disebarluaskan ke masyarakat,” terangnya.

Yan Yan menuturkan bahwa proses analisis dan diseminasi bertujuan agar data di setiap perangkat daerah lebih bermanfaat bagi masyarakat. “Kalau data tersebut hanya disimpan, maka sisi kemanfaatannya kurang. Oleh karena itu, data perlu dianalisis, dinarasikan, dan hasilnya disebarluaskan ke masyarakat atau untuk kepentingan perangkat daerah itu sendiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Diskominfosantik, sebagai wali data, menjalankan fungsinya dengan mengumpulkan dan menyebarluaskan data sektoral yang bersifat prioritas melalui portal Satu Data Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Statistik Sektoral Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Intan Komala, menambahkan bahwa data yang dikumpulkan dari perangkat daerah mengandung unsur-unsur statistik. “Sebenarnya banyak data di setiap perangkat daerah yang mengandung unsur statistik dan bisa dijadikan big data. Melalui kegiatan ini, kami mencoba menganalisis data mana saja yang termasuk prioritas dan bisa diseminasi,” ujarnya.

Intan berharap melalui kegiatan tersebut, setiap perangkat daerah dapat menambah pengetahuan dan mengetahui apa saja yang bisa mereka lakukan terhadap data yang ada di perangkat daerah.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *