Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Dapat Daging Kurban? Berikut Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan

11
×

Dapat Daging Kurban? Berikut Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan

Share this article
Penyembelihan hewan kurban.
Example 468x60

KabarSunda.com — Pada Hari Raya Iduladha, umat Islam kerap memperoleh daging hewan kurban. Beberapa langsung mengolahnya, sementara yang lain menyimpannya untuk persediaan. Agar daging kurban aman dan nikmat dikonsumsi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

“Mengolah daging untuk dikonsumsi harus dilakukan dengan matang sempurna. Pertama, cuci bersih daging menggunakan air mengalir, tempat pengolahannya harus bersih, dan lebih baik jika daging tersebut dibekukan terlebih dahulu,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh.

Example 300x600

Ia menambahkan bahwa sanitasi adalah kunci utama dalam pengolahan daging. Ini mencakup kebersihan pisau, tangan, dan tempat untuk mengemas daging.

“Cuci bersih alat dan tangan dengan air mengalir dan sabun. Alat potong harus bersih, dan sebaiknya gunakan tempat pemotongan yang bukan dari bahan kayu karena sisa kayu bisa menempel. Lebih baik gunakan plastik yang sesuai peruntukan,” jelasnya.

Wilsandi merekomendasikan penggunaan alas pemotongan dari bahan plastik agar daging yang masih mengandung berbagai kuman bisa dibersihkan dengan baik.

“Kayu bisa meninggalkan sisa yang menempel, jadi lebih baik gunakan plastik food grade yang sesuai peruntukannya,” ungkapnya.

Untuk meminimalisir sampah, Wilsandi juga menyarankan penggunaan bahan kemasan food grade yang dapat dipakai ulang.

“Gunakan kemasan food grade yang bisa dipakai ulang sehingga tidak menghasilkan banyak sampah,” tutupnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *