Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bey Machmudin Tinjau Lokasi Pipa PDAM Jebol, Pastikan Penanganan Optimal

7
×

Bey Machmudin Tinjau Lokasi Pipa PDAM Jebol, Pastikan Penanganan Optimal

Share this article
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi ledakan pipa di Cibangkong, Kota Bandung.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, baru-baru ini melakukan kunjungan ke lokasi jebolnya pipa PDAM (Perumda Tirtawening Kota Bandung) di RW 005 Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

Kedatangan Bey ke lokasi tersebut terjadi sekitar pukul 19:30 WIB pada Rabu (5/6/2024) yang lalu. Dirut Perumda Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, juga turut serta dalam kunjungan tersebut. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memastikan penanganan kejadian tersebut berjalan dengan optimal.

Example 300x600

Dalam pernyataannya, Bey menyampaikan empati terhadap masyarakat yang terdampak oleh peristiwa ini. Ia menekankan pentingnya kesabaran bagi masyarakat yang terkena dampak, sambil menegaskan bahwa semua kerusakan dan kerugian akan diganti dan diperbaiki oleh Pemerintah Kota Bandung beserta PDAM.

Proses perbaikan diprediksi akan berlangsung selama tiga hari atau lebih. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan PDAM untuk menangani puing-puing bangunan yang roboh serta melebarkan area pipa yang harus diperbaiki sebelum melakukan perbaikan pipa yang jebol.

Bey juga menekankan pentingnya prioritas penanganan terhadap warga terdampak untuk meminimalisir gangguan terhadap aktivitas mereka. Upaya-upaya mulai dari penyediaan tempat tinggal sementara hingga perencanaan skema bantuan pun tengah disiapkan oleh aparat pemerintahan setempat.

Di sisi lain, Sonny Salimi selaku Dirut Perumda Tirtawening masih belum dapat memastikan penyebab pasti dari jebolnya pipa besar tersebut karena perlu mengetahui terlebih dahulu bentuk kerusakan yang terjadi pada pipa tersebut.

Terkait dengan jumlah pelanggan yang terdampak akibat jebolnya pipa, Sonny memperkirakan sekitar 90 ribu pelanggan yang terdampak. PDAM sendiri berencana untuk mengoptimalkan pasokan air baku dari sumber lain seperti Dago Bengkok dan pompa di Sabuga selama proses perbaikan.

Pipa PDAM Kota Bandung yang mengalirkan air baku dari Cikalong, Kabupaten Bandung ke tempat pengolahan di Jl. Badaksinga Kota Bandung mengalami jebol yang menyebabkan banjir di sekitar area tersebut. Insiden ini terjadi sekitar pukul 16:00 WIB tanpa menimbulkan korban jiwa, namun satu orang mengalami luka ringan, dua rumah roboh, dan satu rumah mengalami kerusakan pada pondasinya akibat luapan air.

Kunjungan dan pernyataan dari Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin serta upaya penanganan yang dilakukan oleh pihak terkait menunjukkan responsifitas dan tanggap dalam menghadapi situasi darurat ini demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang terdampak di Kota Bandung.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *