Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bey Machmudin: Pancasila Benteng Kokoh Cegah Perundungan

5
×

Bey Machmudin: Pancasila Benteng Kokoh Cegah Perundungan

Share this article
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Kegiatan Seminar Parlemen Mengabdi dengan tema "Pancasila Untuk Dunia", di Gedung Merdeka, Kota Bandung.
Example 468x60

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menegaskan bahwa Pancasila merupakan benteng yang kokoh dalam mencegah perundungan atau bully di kalangan siswa.

Dalam Seminar Parlemen yang diadakan bersama DPRD Jabar di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Jum’at (21/6/2024), Bey menyampaikan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila terutama di kalangan siswa. Menurutnya, hal ini akan membantu memupuk jiwa empati dan sikap hormat terhadap sesama.

Example 300x600

“Siswa-siswa harus menghindari perundungan, karena itu bukan nilai-nilai yang kita anut dalam Pancasila. Kita menghargai satu sama lain sebagai saudara,” tegas Bey.

Ia juga mengingatkan agar siswa tidak mudah terprovokasi atau terbawa arus untuk melakukan perundungan.

“Kita semua bersaudara, jadi jangan mudah terpengaruh dan percaya begitu saja. Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan kita,” sambungnya.

Bey menekankan bahwa pendidikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda harus dilakukan dengan inovasi dan metode yang relevan dengan zaman sekarang. Menurutnya, hal ini akan memudahkan generasi muda untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi tantangan seperti perundungan.

“Dewasa ini, kasus perundungan semakin banyak. Melalui pembelajaran Pancasila, kita harus menjaga persatuan dan saling menghormati,” tambahnya.

Bey juga memberikan apresiasi kepada para guru Pendidikan Kewarganegaraan yang telah mengajarkan materi ideologi negara dengan cara yang menarik dan kreatif.

“Pendidikan adalah kunci untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi penerus. Ini perlu dilakukan secara terus-menerus,” katanya.

Tema seminar “Pancasila untuk Dunia” yang diadakan oleh DPRD Jabar ini juga menjadi salah satu upaya untuk memperingati hari lahir Pancasila. Bey mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud nyata dari usaha untuk merawat dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan ini, termasuk seminar parlemen ini, sangat saya apresiasi. Melalui kegiatan ini, kita dapat memupuk dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk tetap menjaga kerukunan dan memperkokoh persatuan, serta menghindari konflik yang hanya akan merugikan bangsa.

“Saya mengajak semua warga Jawa Barat untuk menjaga kerukunan dan kesatuan. Mari kita bersama-sama merawat kebhinekaan, menjaga kerukunan, dan memperkokoh persatuan untuk Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *