Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bey Machmudin Cek Citarum Jembatan Babakan Sapaan yang Penuh Sampah

14
×

Bey Machmudin Cek Citarum Jembatan Babakan Sapaan yang Penuh Sampah

Share this article
Bey Machmudin mengecek kondisi Sungai Citarum bawah jembatan Babakan Sapaan, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat yang kondisinya dipenuhi sampah.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, melakukan inspeksi terhadap kondisi Sungai Citarum di bawah jembatan Babakan Sapaan, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, yang dipenuhi sampah pada Rabu (12/6/2024).

Tindakan segera diambil. Satgas Citarum Harum, BBWS Sungai Citarum, dan masyarakat setempat bergotong royong mengangkut sampah yang hampir menutupi permukaan air dengan bantuan alat berat.

Example 300x600

“Kami bergerak cepat dan berkoordinasi bersama, karena ini adalah masalah bersama,” ujar Bey Machmudin.

Ia menjelaskan bahwa proses pengerukan sampah diperkirakan memakan waktu 5 sampai 7 hari, mengingat volume sampah yang cukup banyak. Untuk meningkatkan efisiensi pengerukan, pihaknya akan menambah alat berat.

“Seluruh sampah ini akan dibersihkan dalam waktu lima sampai tujuh hari, karena jumlahnya sangat banyak. Nanti akan ada tambahan alat berat agar pengerukannya lebih cepat,” tuturnya.

Bey mengungkapkan bahwa penumpukan sampah disebabkan oleh kurangnya kedisiplinan warga dalam membuang sampah. Selain itu, area tersebut juga mengalami penurunan permukaan air dan adanya sedimen.

“Penyebab sampah menumpuk adalah karena permukaan air yang turun dan adanya sedimen. Kedisiplinan warga juga kurang, jadi kami ingatkan kembali jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai. Ini adalah akibatnya jika tidak disiplin,” jelas Bey.

Diketahui bahwa sampah tersebut berasal dari Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung. Penumpukan sampah terjadi sejak Jumat (7/6/2024).

Bey tetap optimistis bahwa indeks kualitas air Sungai Citarum akan mencapai angka 60 pada Desember 2025. Kunci dari pencapaian ini adalah kolaborasi dan kedisiplinan warga dalam menjaga lingkungan.

“Target tetap dan optimis pada Desember 2025 indeks kualitas air berada di angka 60. Kami berusaha keras, tetapi harus didukung oleh kedisiplinan warga,” katanya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *