Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bawaslu Kota Bandung Ajak Masyarakat Aktif Awasi Tahapan Pilkada 2024

11
×

Bawaslu Kota Bandung Ajak Masyarakat Aktif Awasi Tahapan Pilkada 2024

Share this article
Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung, Bayu Muhammad. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Hal ini diungkapkan oleh Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung, Bayu Muhammad, dalam acara “Bandung Menjawab” di Balai Kota pada Kamis, 13 Juni 2024.

Bayu menekankan pentingnya peran masyarakat sebagai pengawas partisipatif, yang bisa melaporkan dugaan pelanggaran selama proses Pilkada. Saat ini, Pilkada 2024 berada dalam tahap pemutakhiran data pemilih oleh petugas Pantarlih. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan memberikan informasi jika ada penyelewengan atau kesalahan dalam pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Example 300x600

“Dengan menjadi pengawas partisipatif, masyarakat bisa melaporkan dugaan pelanggaran. Semua laporan kami terima. Ini untuk membantu Pilkada 2024 berjalan dengan baik,” kata Bayu.

Bawaslu juga menekankan pentingnya pengawasan dalam pembentukan badan adhoc dan perekrutan pantarlih, untuk memastikan petugas Pantarlih melakukan tugasnya dengan benar dan mengunjungi rumah-rumah yang telah ditetapkan. Bayu berharap masyarakat berani melaporkan indikasi pelanggaran atau ketidaksesuaian data yang ditemukan.

Indeks kerawanan Pemilu di Kota Bandung saat ini tergolong sangat rendah. Hal ini berkat kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak sehingga pelaksanaan Pemilu dan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar. Ada 11 indikator kerawanan Pemilu di Kota Bandung, termasuk politik uang, netralitas ASN, wilayah rawan bencana, dan masalah hoaks.

Untuk lebih menjamin netralitas dan keamanan Pilkada, Bawaslu akan mengadakan deklarasi netralitas ASN dan mitigasi kerawanan Pilkada bersama Forkopimda Kota Bandung. Deklarasi ini dijadwalkan berlangsung bulan depan dan bertujuan untuk membicarakan langkah-langkah mitigasi bersama.

“Bulan depan akan ada deklarasi bersama Forkopimda soal netralitas ASN dan mitigasi yang dibicarakan bersama,” tutup Bayu.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *